09 January 2013

JENIS/MACAM-MACAM SPEAKER AKTIF

1. Speaker aktif dengan dua buah kotak speaker
Jenis ini hanya memiliki dua buah kotak speaker sebagai penyalur suaranya,
-satu kotak berfungsi sebagai wadah/tempat rangkaian elektronika seperti: tone, power amply, dan power supply, sekaligus menjadi tempat tersimpannya salah satu speaker, oleh sebab itu pada kotak speaker ini terdapat banyak kabel yang terhubung ke luar seperti: kabel penghubung ke stopkontak, kabel penghubung ke kotak speaker yang lain dan kabel penghubung ke sumber suara  seperti komputer,DVD player dan lain-lain.
-Satu kotak yang lain berfungsi sebagai wadah/tempat speaker saja, tidak ada komponen elektronika yang lain dalam kotak ini.


2. Speaker aktif yang mempunyai tiga kotak speaker 
Speaker aktif jenis ini mempunyai tiga kotak speaker sebagai penyalur suaranya, satu kotak sebagai subwoofer yaitu penyalur nada rendah/low/bass dan dua kotak yang lain sebagai penyalur suara middle dan tweeter. Di dalam kotak speaker yang paling besar terdapat komponen elektronika yang berfungsi sebagai pengatur suara agar lebih enak didengar dan memperkuat sinyal audio sehingga suara dapat keluar dari ketiga speaker. Dengan kotak ini kita dapat mengontrol suara ketiga speaker seperti volume,bass,treble dan volume subwoover. Dengan adanya komponen elektronika di dalam kotak ini maka terdapat banyak kabel yang terhubung seperti:
  •  kabel listrik penghubung ke stopkontak, kabel penghubung ke sumber suara seperti komputer,DVD player dan lain-lain.
  • Dua pasang kabel untuk dihubungkan ke dua buah kotak speaker yang lain.
Dua buah kotak speaker yang lain biasanya berukuran lebih kecil dari kotak speaker subwoofer, di dalam masing-masing kotak speaker inihanya terdapat satu buah speaker yang hanya mempunyai satu buah speaker yang dapat merespon suara bernada low-mid dan tweeter, tapi ada juga satu buah kotak speaker yang mempunyai lebih dari satu speaker yang dapat merespon jenis suara dari low-mid sampai sampai tweeter.

3. Speaker Home teater, 
Speaker aktif jenih ini mempunyai (6) enam buah speaker yang trerpasang pada sekeliling ruangan. speaker ini mirip dengan speaker dengan tiga speaker hanya saja pada speaker jenis ini ditambahkan tiga buah speaker pendukung. pemasangan.

Cara penempatan kotak Speaker Home teater:
  • Speaker pusat, ditempatkan tepat di tengah-tengah bagian depan menghadap pendengarnya.
  • Speaker fron"L" dan fron"R" ditempatkan di sisi kiri dan kanan bagian depan menghadap ke pendengarnya.
  • Speaker rear "L" dan rear "R" di tempatkan di belakang sisi kiri dan kanan pendengarnya
  • Speaker subwoofer, penempatannya di mana saja asal dapat terdengar enak di telinga pendengarnya. 
Jeninis speaker Home teater digunakan saaat akan menonton film dari pemutar DVD agar suara yang dihasilkan benar-benar mewakili visualisasi yang terjadi pada layar.sebagai contoh bila sedang menyaksikan adegan di film yang menggambarkan pesawat terbang yang sedang takeoff maka syara pesawat akan keluar dari speaker secara berurutan dari mulai sepeaker belakang ke depan sehingga kita dapat merasakan sensasi kepergian pesawat tersebut. Atau kita seperti benar-benar sedang berada di bandara yang menyaksikan pesawat itupergi meninggalkan bandara.

 # Untuk lebih memahami tentang speaker aktif alangkah lebih baiknya bila anda membaca postingan Saya sebelumnya yaitu "Panduan Cara mudah Memperbaiki Speaker Aktif".

Artikel terkait:

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan kata-kata yang sopan, dilarang menyertakan link aktif. maaf, komentar tidak akan langsung dibalas karena Saya tidak selalu online. terimakasih atas kunjungannya.


 

Blog Statistic