24 January 2013

CARA MEMPERBAIKI MESIN CUCI DUA TABUNG, MENGGANTI MOTOR PENCUCI

Postingan saya kali ini adalah kelanjutan dari postingan saya sebelumnya yaitu tentang "KERUSAKAN YANG UMUM TERJADI PADA MESIN CUCI". Untuk bahasan kali ini adalah cara memperbaiki motor pencuci, kerusakan pada motor pencuci dapat disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya yaitu seringnya mencuci dengan jumlah yang terlampau banyak melebihi kemampuan mesin cuci yang mengakibatkan terbakarnya lilitan motor. cara untuk memperbaikinya adalah dengan mengganti motor yang rusak dengan yang baru, untuk tahapan-tahapan memperbaikinya adalah sebagai berikut:
  1. Pindahkan mesin cuci ke tempat yang lebih luas dan terang untuk mempermudah dalam proses perbaikan.
  2. letakkan mesin cuci pada posisi horisontal yaitu sisi sebelah kiri mesin pencuci pada saat berdiri menjadi posisi sebelah bawah atau menempel ke lantai saat ini.
  3. Buka semua sekrup pada badan mesin menggunakan obeng plus kemudian lepaskan badan mesin cuci bagian bawah dan atas dengan cara menariknya.
  4. Bukalah penutup mesin yang terletak di bagian belakang lalu akan terlihat motor pencuci beserta perkabelan, putuskanlah kabel yang berasal dari motor pencuci yang terdiri dari tiga kabel, tandailah ketiga kabel yang terlepas dari motor untuk mempermudah pada saaat pemasangan motor baru. Biasanya motor yang rusak akan terlihat tanda-tanda fisiknya yaitu berupa lilitan yang menghitam seperti terbakar, untuk memastikan apakah motor pencuci sudah rusak atau belum cobalah untuk mengukur lilitannya menggunakan AVO meter/Multitester dengan skala RX1ohm, Bila jarum tidak bergerak berarti lilitan putus tapi bila jarum bergerak dan menunjuk angka nol berarti lilitan motor konslet/terhubung pendek, angka yang pas untuk motor yang masih baik adalah sekitar 30ohm.
  5. Bila motor pencuci sudah jelas rusak maka tahapan selanjutnya adalah membuka tiga buah baud yang berfungsi menahan motor agar menempel pada badan mesin cuci menggunakan kunci pas(umumnya berukuran10 atau 12).
  6. lepaskanlah tali/belt penghubung motor dengan gear box kemudian keluarkanlah motor pencuci dari dalam mesin cuci kemudian bawalah motor pencuci yang rusak saat anda membeli motor pencuci yang baru, karena terdapat bermacam-macam bentuk dan ukuran motor pencuci yang ada di pasaran. 
  7. Setelah mendapatkan motor pengganti maka tahapan selanjutnya adalah memasangkannya ke dalam mesin cuci, tempatkanlah motor pencuci baru pada dudukannya yang ada di dalam mesin cuci.
  8. Pasang ketiga baud penahan motor ke badan mesin cuci kemudian pasang murnya lalu kencangkan memakai kunci pas tapi jangan terlalu kencang dulu agar mudah saaat penyetelan tali/belt penghubung motor dengan gear box.
  9. Pasangkan tali/belt penghubung lalu kencangkan ketiga baud yang ada pada motor pencuci sambil menarik badan motor menjauh dari posisi gear box, kemudian cobalah putar gear box menggunakan tangan, bila gear box susah diputar  maka longarkanlah ketiga baut motor pencuci sampai gear box dapat berputar dengan tanpa hambatan.
  10. Sambungkan ketiga kabel ke masing-masing sambungannya sesuai dengan posisi perkabelan saat terpasang pada motor sebelumya.
  11. Tutuplah semua sambungan kabel yang terbuka dengan isolasi khusus kabel listrik, kemudian pasangkan kembali penutup bagian belakan mesin cuci.
  12. pasangkan kembali badan atas dan bawah mesin cuci kemudian pasng kembali semua sekrupnya sampai kedua bagian badan mesin cuci terpasang rapat.
  13. Berdirikan mesin cuci lalu cobalah menyalakan mesin cuci, bila motor berjalan dengan normal maka tahapan selanjutnya adalah mencoba mencuci pakaian, nyalakan mesin cuci lalu tunggu beberapa saaat, bila mesin sudah mampu mencuci maka mesin cuci sudah siap untuk dipakai mencuci.
  Masalah-masalah yang sering muncul setelah penggantian motor pencuci baru:
  • Motor tidak berputar, penyebab: tali/belt penghubung motor ke gear box terlalu tegang, perbaikan:longarkan tiga baud pada motor.
  • Motor berputar tapi tidah berpengaruh pada penggerak cucian(pulsator), penyebab: tali/belt longgar. perbaikan: aturlah posisi motor seperti poin di atas sampai motor dapat menggerakkan pulsator.

Artikel terkait:

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan kata-kata yang sopan, dilarang menyertakan link aktif. maaf, komentar tidak akan langsung dibalas karena Saya tidak selalu online. terimakasih atas kunjungannya.