27 January 2013

CARA MEMPERBAIKI MESIN CUCI DUA TABUNG, PULSATOR TIDAK BERPUTAR

Salah satu kerusakan pada mesin cuci dua tabung adalah tidak berputarnya Pulsator pada tabung pencuci meskipun motor pencuci berputar dengan normal, hal ini dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya yaitu:
  • Tali karet/Vbelt penghubung motor pencuci ke gearbox longgar.
  • Gigi pada bagian dalam gearbox atau as pulsator sudah aus atau rontok.

Cara memperbaiki tali karet/Vbelt yang kendor:
  1. Bawalah mesin cuci ke tempat yang agak luas dan cukup cahaya agar mempermudah dalam proses perbaikan.
  2. Letakkanlah mesin cuci di lantai dengan posisi bagian depan mesin cuci berada di lantai sedangkan sisi bagian belakang berada di atas.
  3. bukalah penutup  yang berada di belakang badan mesin cuci kemudian lihatlah posisi tali karet/Vbelt apakah kencang atau kendor, untuk memastikannya cobalah nyalakan mesin cuci beberapa saat, bila putaran motor normal tetapi putaran gearbox tidak stabil atau bahkan tidak berputar sama sekali ini menandakan kalau tali karet/Vbelt dalam keadaan longgar.
  4. Longgarkan ketiga baud(umumnya berukuran 10/12) yang berfungsi menempelkan motor pencuci ke badan mesin cuci kemudian tarik dan tahan badan motor agar menjauh dari letak gearbox(bisa dilihat dengan berubahnya letak baud) lalu kencangkan ketiga baud tadi agar posisi motor tidak tertarik lagi ke posisi semula.
  5. Untuk menguji kekencangan tali karet/Vbelt nyalakan mesin beberapa saat, bila putaran gearbox dan pulsator sudah normal maka tali karet/Vbelt sudah tidak kendor lagi.
  6. Bila posisi motor sudah durobah tetapi karet/Vbelt masih longgar maka tali/Vbelt tersebut harus diganti baru, gantilah tali karet/Vbelt tersebut sesuai dengan ukurannya, bawalah tali karet/Vbelt saat anda akan membeli yang baru karena terdapat bermacam-macam bentuk dan ukuran yang ada di pasaran, kadang-kadang ukuran yang tertulis pada pinggiran tali karet/Vbelt berbeda dengan ukuran fisiknya, sebagai contoh saya pernah membeli hanya dengan mengingat ukuran angka yang tertulis di tali karet/Vbelt yang sudah longgar setelah saya bawa ke rumah ternyata ukuran fisik yang baru lebih kecil sehingga tidak dapat dipasang pada motor pencuci dan gearbox meskipun dudukan motor pencuci sudah disetel.
  7. Bila tali karet/Vbelt pengganti sudah didapatkan pasanglah seperti posisi sebelumnya, untuk menyetelnya lakukan perubahan posisi motor pencuci dengan merubah letak ketiga baudnya.

Cara membuka dan mengganti gearbox dan pulsator:

"Rontoknya gigi pada as pulsator atau gearbox dapat dilihat dari tanda-tandanya berupa tidak berputarnya pulsator sedangkan motor pencuci dan gearbox berputar dengan normal."
  1. Lepaskan badan bagian bawah mesin cici dengan badan bagian atas dengan membuka seluruh sekrupnya dari arah bawah mesin cuci.
  2. Lepaskan tali karet/Vbelt penghubung motor pencuci dengan gearbox
  3. Buka baud pengencang gearbox dengan badan mesin cuci.
  4. Lepaskan/cabut gearbox dari badan mesin cuci.
  5. Lepaskan pulsator dengan cara membuka baud yang tersembunyi di dalam penutup yang terletak di tengah-tengah pulsator, cara membuka tutup tersebut adalah dengan mencongkelnya menggunakan obeng misus, 
  6. perhatikan bentuk gigi as pulsator bila sudah rontok maka as ini harus diganti, bila masih bagus maka yang rontok adalah gigi pasangaanya yang terletak di dalam gearbox..
  7. Bila gigi dalam gearbox yang rontok maka gantilah gearbox dengan yang baru.

Artikel terkait:

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan kata-kata yang sopan, dilarang menyertakan link aktif. maaf, komentar tidak akan langsung dibalas karena Saya tidak selalu online. terimakasih atas kunjungannya.


 

Blog Statistic