Home » » CARA MEMASANG, MENYAMBUNG, MERANGKAI KABEL LISTRIK TIGA SAKELAR TIGA LAMPU

CARA MEMASANG, MENYAMBUNG, MERANGKAI KABEL LISTRIK TIGA SAKELAR TIGA LAMPU

Pada bahasan kali ini saya akan menjelaskan sedikit tentang cara memasang, menyambung, merangkai atau merakit kabel listrik untuk tiga buah lampu pada ruangan berbeda yang masing-masing dapat disakelar atau dimati hidupkan di satu tempat, misalnya lampu luar, lampu ruang tamu dan lampu ruang keluarga, sedangkan sakelar diletakkan di sekitar ruang keluarga.


Bahan-bahan yang diperlukan:
  • Sakelar untuk tiga lampu, satu buah .
  • Fitting/mangkok lampu, tiga buah.
  • Kabel NYM ukuran 2X1,5mm, secukupnya disesuaikan dengan kebutuhan.
  • Isolasi khusus listrik, satu buah.
  • Klem kabel no.10, dua bungkus
Gambar rangkaian instalasi listrik tiga saklar tiga lampu

Cara memasang:
  1. Matikan listrik di rumah dengan memindahkan posisi sakelar MCB dari ON (1) ke OFF (0).
  2. Gabungkan(jumper) salah satu terminal dari masing-masing sakelar menggunakan kabel yang sudah dikupas kulitnya kemudian terminal yang sudah digabung tadi disambungkan menggunakan kabel berwarna hitam ke kabel positip jalur utama instalasi listrik(biasanya berwarna hitam dan pada kabel ini tespen akan menyala).
  3. Pasang kabel berwarna hitam pada terminal sakelar sebelah kiri kemudian sambungkan kabel itu ke salah satu terminal fitting lampu luar.
  4. Pasang kabel berwarna hitam pada terminal sakelar bagian tengah kemudian sambungkan ujung kabel itu ke salah satu terminal fitting lampu ruang tamu.
  5. Pasang kabel berwarna hitam pada terminal sakelar sebelah kanan kemudian sambungkan ujung kabel itu ke salah satu terminal fitting lampu ruang keluarga.
  6. Gabungkan(jumper) salah satu terminal dari ketiga fitting lampu yang belum dipasang kabel apapun memakai kabel berwarna biru lalu sambungkan ke kabel negatip jalur utama instalasi listrik(biasanya berwarna biru)
  7. Jangan lupa untuk mengisolasi setiap sambungan kabel dan memasang klem kabel dengan jarak antar klem 50cm agar kabel menjadi kokoh dan rapi.



Artikel Terkait:

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan kata-kata yang sopan, dilarang menyertakan link aktif. maaf, komentar tidak akan langsung dibalas karena Saya tidak selalu online. terimakasih atas kunjungannya.