29 November 2012

CARA MEMPERBAIKI SETRIKA LISTRIK OTOMATIS


Peralatan:
  • Obeng plus (+) dan min (-)
  • Tang kombinasi
  • AVO meter
  • Tespen
 Bagian-bagian setrika dan cara memperbaikinya:

a. Bagian luar:
  • KABEL STEKER/COLOKAN, berfungsi mengalirkan arus listrik dari stopkontak menuju elemen pemanas. Kabel steker paling rentan rusak karena sering melilit sehingga kabel mudah sekali putus. Cara mengujinya yaitu dengan AVO meter (RX1kilo ohm),ukurlah masing-masing kabel, bila jarum penunjuk pada AVO meter bergerak ke nol dan diam berarti kabel steker dalam keadan baik tapi bila jarum penunjuk pada AVO meter tidak bergerak maka kabel steker putus. Bila tidak ada AVO meter bisa menggunakan Tespen, caranya:
  1. Bukalah skrup yang ada di bagian tumit(belakang) setrika, biasanya hanya satu sekrup. Kemudian tarik tumitnya sampai terlihat bagian terminal kabel,di situ terdapat tiga bagian terminal tapi pada umumnya hanya dua terminal yang dipakai yaitu plat terminal bagian sisinya saja sedangkan plat terminal yang di tengah diabaikan saja.
  2. cabutlah kabel sampai terlepas dari tumit setrika,
  3. aturlah agar kedua ujung kabel saling berjauhan kemudian masukkan steker ke stop kontak
  4. penganglah tespen dengan jari telunjuk menempel pada logam bagian atas tespen sedangkan jari yang lain menjepit badan tespen
  5. lalu tempelkan ujung tespen ke salah satu ujung kabel bila tespen menyala maka kabel itu nyambung lalu tandailah kabel itu
  6. lakukan poin 4&5 pada ujung kabel yang lain tapi sebelumnya anda harus mencabut steker lalu memutar 180derajat dan memasukkannya lagi ke stop kontak(tujuannya agar kabel yang kita ukur berubah polaritasnya).
  • TUMIT SETRIKA, berfungsi untuk memudahkan saat meletakkan setrika dalam keadaan panas pada posisi berdiri dengan bagian yang lancip menghadap ke atas. Ada juga merek setrika tertentu yang memodifikasi bagian ini sehihingga berguna untuk melilitkan kabel.
  • GAGANG/PEGANGAN, digunakan untung memegang setrika saat digunakan.
  • LAMPU INDIKATOR, lampu ini menyala menandakan setrika sedang dalam proses pemanasan dan akan mati bila panas setrika sudah sesuai dengan posisi knop pengatur suhu.
  • TOMBOL PENGATUR SUHU, berfungsi untuk mengatur suhu setrika.
  • PLAT PEMANAS, bagian telapak setrika

b. Bagian dalam:
  • TERMINAL, penyambung kabel dengan elemen setrika. Bagian ini mudah rusak yang mengakibatkan terputusnya aliran listrik dari kabel steker ke elemen pemanas
  • PENGATUR SUHU OTOMATIS/THERMOSTAT, berfungsi mengatur suhu setrika agar stabil sesuai tombol pengatur suhu, pada thermostat terdapat dua buah plat logam (keping bimetal) yang saling berdekatan, bila suhu di sekitar logam naik/memanas maka kedua plat ini saling menjauh tapi bila suhu di sekitarnya menurun maka kedua keeping ini saling mendekat. Sifat inilah yang dimanfaatkan tombol pengatur suhu dengan memberi tekanan tertentu pada plat sehingga suhu setrika stabil dengan tenggang waktu tertentu sesuai dengan knop pengatur suhu.
  • ELEMEN PEMANAS, bagian ini akan memanas bila dialiri arus listrik. Untuk menguji apakah elemen rusak atau tidak, aturlah dengan AVO meter (RX1kilo ohm), bila jarum penunjuk di AVO meter bergerak ke kanan dan diam di sekitar 3 kilo ohm maka elemen dalam keadaan baik tapi bila jarum penunjuk diam tidak bergerak maka elemen putus/rusak.
  • PENGAMAN OTOMATIS/THERMOFUSE, Digunakan untuk pengaman yang fungsinya sama dengan sikring. Pengaman ini akan putus pada suhu panas yang melewati batas toleransi. Pengaman ini bila putus harus segera diganti karena bila tidak setrika tidak akan panas. Untuk menguji apakah pengaman rusak atau tidak, aturlah dengan AVO meter (RX1kilo ohm), bila jarum penunjuk di AVO meter bergerak ke kanan dan diam maka pengaman dalam keadaan baik tapi bila jarum penunjuk diam tidak bergerak maka pengaman putus/rusak. Pengaman/thermofuse ini hanya terdapat pada merek-merek tertentu saja.
Selengkapnya...CARA MEMPERBAIKI SETRIKA LISTRIK OTOMATIS

28 November 2012

TIPS MERAWAT BLENDER

blender rumah
Blender adalah alat untuk menghaluskan buah-buahan, sayuran, biji-bijian, bumbu dapur. Selainitu alat ini sering dipakai juga untuk membuat ice juice pada warung-warung es. Dengan penggunaan yang sering maka alat ini haruslah dirawat dengan baik dan benar agar memiliki usia yang panjang. di bawah ini akan Saya jelaskan beberapa tipsnya,,,,

  • untuk menghaluskan buah-buahan yang berukuran besar potong-potonglah buah tersebut menjadi beberapa bagian yang kecil untuk memudahkan/mempercepat proses penghalusan, dengan cara ini maka motor penggerak pada blender anda akan lebih awet karena kerja nya menjadi lebih ringan.
  • Setiap blendwer memiliki kemampuan yang terbatas, maka bsebelum digunakan bacalah dahulu petunjuk pemakaian, agar tidak terjadi penggunaan blender yang melebihi batas kemampuan. 
  • saat mengoperasikannya aturlah agar tidak memutar motor blender terlalu lama agar motor awet tidak mudah terbakar oleh pemakaian yang terus menerus.
  • cucilah gelas blender memakai air hangat setiap anda selesai menggunakannya.
  • gunakan mata pisaunya sesuai kebutuhan, mata pisau yang tebal digunakan untuk bahan makanan yang agak keras sedangkan mata pisau yang tipis untuk bahan makanan yang lunak.
  • jangan memaksakan untuk menghaluskan bahan makanan yang sulit dihancurkan oleh blender,
  • untuk memudahkan dan meringankan proses pemghalusan maka tambahkan air ke dalam gelas blender yang sudah diberi bahan makanan.
  • Setelah blender dipakai dan dicuci maka letakanlah di tempat yang aman jauh dari jangkauan anak-anak.
Selengkapnya...TIPS MERAWAT BLENDER

27 November 2012

TIPS MENGERINGKAN BAJU/PAKAIAN DI MUSIM HUJAN

jemuran
Di Indonesia yang kita cintai ini hanya ada dua musim yaitu musim hujan dan musim kemarau, pada saat musim kemarau paling mudah menjemur pakaian basah, hanya beberapa jam langsung kering, tapi bila datang musim hujan maka sepanjang hari yang terlihat hanya awan hitam dan hujan yang terus menerus turun, kalau begini biasanya sangat susah sekali untuk mengeringkan pakaian, jangankan hitungan jam seharian saja kadang-kadang sulit sekali jemuran kita kering

Memang repot kalau sudah datang musim hujan, cucian susah kering karena jarangnya sinar matahari. Tapi anda tidak usah bingung karena ada beberapa cara yang efektif untuk menyiasatinya, diantaranya yaitu yaitu:
  1. Bagi anda yang memiliki mesin cuci gunakanlah dengan maksimal, keringkanlah(spin) cucian basah dengan mengatur tombol timer pada spin pada posisi maksimal, dengan begitu maka air yang terperas dari pakaian akan keluar lebih banyak, hal ini sangat membantu dalam proses pengeringan kedua yang dilakukan oleh sinar matahari yang minim saat musim hujan.
  2. Untuk mengantisipasi pakaian yang tidak langsung kering dalam sehari maka jemurlah pakaian pada jemuran yang diletakkan di dalam rumah, anda dapat menggunakan jemuran yang dapat dilipat atau membuat jemuran tali yang diikatkan ke dinding ruangan, dengan cara ini maka pakaian yang setengah kering akan kering sedikit demi sedikit.
  3. Setelah pakaian diletakkan di dalam ruangan maka cobalah kipasi pakaian yang dijemur dengan menggunakan kipas angin listrik atau hairdryer. udara yang dihembuskan oleh kipas angin dan hair dryer akan menguapkan air yang ada pada pakaian dan lama kelamaan pakaian akan kering, hati-hati penggunaan hair dryer pada pakaian tipis yang tidak kuat dengan hawa panas yang dikeluarkan oleh hair dryer, jenis kain tertentu, misalnya kain sifon akan mudah leleh bila terkena udara panas yang dihembuskan oleh hair dryer.
  4. Cara lain yang bisa dilakukan untuk mempercepat pengeringan pakaian di dalam ruangan adalah dengan memasang lampu yang mempunyai cahaya lebih terang, cahaya dari lampu yang panas akan membantu mengeringkan pakaian yang dalam kondisi setengah kering.
  5. Hindari mengeringkan pakaian dengan menggunakan setrika, karena menyetrika pakaian yang dalam keadaan basah akan merusak serat kain, selain itu kain basah yang disetrika akan mengeluarkan bau yang tidak sedap.
Demikianlah beberapa tips dari Saya mengenai cara mengeringkan pakaian di musim hujan, mudah-mudahan dapat membantu bagi anda yang membutuhkannya.
Selengkapnya...TIPS MENGERINGKAN BAJU/PAKAIAN DI MUSIM HUJAN

26 November 2012

CARA MENANAK/MEMASAK NASI DENGAN MAGIC JAR/COM

Keluhan yang sering timbul pada alat penanak nasi elektronik(magic jar/com) ini adalah: nasi menjadi basi/bau, rasa nasi tidak enak, tekstur nasi rusak, lapisan anti lengket/teflon cepat terkikis membuat nasi lengket ke panci. keluhan itu berasal dari kesalahan kita dalam cara memakainya atau tidak mematuhi /membaca buku panduan tata cara memakainya. di bawah ini akan dijelaskan cara yang benar menurut buku-buku panduan dari berbagai merek dan beberapa pengalaman saya beserta keluarga selama mengoperasikannya di rumah.
  1. Takarlah air dan beras sesuai petunjuk dari pabriknya. kadang-kadang beda jenis beras beda pula takaran airnya perlu beberapa uji coba agar nasin yang dihasilkan sesuai dengan keinginan kita.
  2. jangan sering membuka dan menutup alat ini selama proses memasak agar nasi yang dihasilkan baik.
  3. bila nasi sudah matang(ditandai dengan suara hentakan pada majic jar/com dan lampu indikator berpindah ke mode pemanasan, biasanya lampu ini berwarna kuning atau hijau) diamkanlah beberapa saat sebelum anda mengambilnya, karena nasi yang baru matang teksturnya masih lembek dan basah.
  4. nasi boleh didiamkan dalam magic jar/com pada mode pemanasan/terhubung ke stopkontak tidak lebih dari 12jam, setelah 12jam steker harus dicabut dari stopkontak. nasi yang tersimpan dalam magic jar/com yang terhubung dengan stopkontak lama-lama akan berkurang kadar airnya sehingga nasi menjadi keras dan mengerak.
  5. jika nasi dalam magic jar/com tidak akan digunakan dalam jangka waktu lama misalnya pada malam hari maka cabutlah steker dari stopkontak lalu bukalah tutupnya dan gantikan dengan penutup yang berlubang misalnya saringan/ayakan atau kain bersih, ini dimaksudkan agar udara panas dari nasi bisa keluar bebas tapi binatang seperti kecoa atau cicak tidak dapat masuk sehingga kondisi nasi bagus sampai esok pagi tidak bau atau keras.
  6. bila anda ingin menghangatkan nasi pada pagi hari (setelah poin 5) janganlah terlalu lama,karena mengakibatkan nasi menjadi bau,basah,dan teksturnya akan berubah yang mengakibatkan rasa nasi tidak enak lagi.
  7. bila panci magic jar/com akan dicuci rendamlah dulu dengan air agar sisa-sisa nasi yang menempel mudah untuk dibersihkan(jangan merendam panci dalam keadaan masih panas karena akan merusak lapisan anti lengketnya).setelah itu barulah bisa dibersihkan dengan spon yang lembut.
  8. jangan mencuci beras memakai panci magic jar/com karena akan merusak lapisan anti lengketnya.
  9. Jangan merebus air pakai magic jar/com kecuali ada rekomendasi dari pabrik.
  10. Bila saat anda memasak nasi tiba-tiba listrik padam maka cepatlah cabut steker dari stopkontak periksa kondisi nasi di dalam magic jar/com bila masih berbentuk beras buanglah airnya, bila listrik kembali nyala ulangilah tahapan memasak nasi dari awal. tapi bila nasi dalam keadaan setengah matang maka siapkanlah dandang atau langseng yang ada saringannya lalu beri air sampai sedikit di bawah batas saringan lalu simpan di atas kompor yang menyala tunggu sampai airnya mendidih kemudian pindahkan nasi dari panci magic jar/com ke dalam dandang, tunggulah kira-kira setengah jam sampai nasi benar benar matang. bila listrik padam saat nasi dalam mode menghangatkan cabutlah steker dari stopkontak lalu bukalah tutupnya dan gantikan dengan penutup yang berlubang misalnya saringan/ayakan atau kain bersih.
Selengkapnya...CARA MENANAK/MEMASAK NASI DENGAN MAGIC JAR/COM

25 November 2012

CARA MENGGANTI & MEMASANG ELEMEN SOLDER BARU

Solder adalah salah satu alat atau perkakas yang digunakan untuk untuk memanaskan komponen elektronika, terdapat bermacam-macam jenis solder menurut kegunaannya yaitu:
  • Solder baud, solder ini digunakan untuk menyolder komponen elektronik dengan memanaskan mata solder menggunakan  elemen yang dialiri listrik pada prakteknya mata solder ini disentuhkan langsung ke target yaitu timah atau komponen alat elektronik agar timah menjadi cair dan menyatukan komponen. Solder baud memiliki variasi daya yang digunakan yaitu: 25w, 30w, 70w. Solder boud digunakan untuk komponen elektronika.
  • Solder uap, Jenis ini sama dengan solder baud yaitu menggunakan elemen yang dialiri listrik tetapi untuk memanaskan komponen atau timah dibantu sebuah kipas yang terdapat di dalam solder, jadi saat digunakan solder ini tidak menyentuh langsung badan komponen atau pun timah. Solder uap biasa digunakan untuk menyolder komponen elektronika yang berukuran mini dan sensitif yang tidak dapat disolder oleh solder baud.
Pada kesempatan kali ini Saya hanya akan menjelaskan cara mengganti atau memasang elemen pada solder boud sedangkan untuk solder uap akan dibahas pada postingan yang lain.

Kebanyakan keluhan dari solder boud adalah putusnya kawat elemen yang ada di dalam selongsong/ rumah elemen, tetapi sebelum memutuskan untuk mengganti elemen sebaiknya periksa dulu kabel penghubung ke listrik dan sambungan kabel ke elemen. untuk mengujinya pakailah alat ukur yaitu AVO meter caranya dengan memindahkan posisi penunjuk ke arah RX1Kilo ohm, ukurlah masing-m,asing kabel penghubung. Bila jarum AVO meter diam berarti kabel penghubung putus tapi bila jarum AVO meter bergerak ke arah kanan dan diam maka kabel masih baik.


Tahapan-tahapan mengganti elemen solder:
  1. Pertama bukalah baud pada gagang/pegangan solder sehingga gagang menjadi dua bagian(biasanya hanya terdapat satu atau dua buah baud), Untuk sebagian merek tertentu gagang solder berbentuk selongsong sehingga untuk membukanya tinggal melepaskan baud lalu tinngaal ditarik ke arah belakang.
  2. Lepaskan sambungan kabel penghubung dengan kabel elemen kemudian lepaskan kabel penghubung dari solder
  3. Bukalah baud pada ujung solder yang berfungsi menjepit mata solder, dengan dilepasnya baud tersebut maka dengan mudah mata solder dikeluarkan dari tempatnya, setelah mata solder terlepas maka giliran elemen yang ditarik ke arah depan sehingga terlepas dari rumah elemen.
  4. Masukkan "elemen baru" dari arah depan lalu  dengan memasukkan dahulu kedua ujung kabel elemennya.
  5. Stelah elemen masuk lalu pasanglah kembali mata soldernya lalu kencangkan baudnya, 
  6. Sambunglah kabel elemen dengan kabel penghubung listrik lalu jangan lupa untuk menutupmnya menggunakan isolasi. aturlah posisi kedua sambungan agar letaknya berjauhan untuk.
  7. Terakhir pasang semua baud pada pegangan/gagang solder.
Selengkapnya...CARA MENGGANTI & MEMASANG ELEMEN SOLDER BARU

24 November 2012

CARA AMAN MENGGUNAKAN PENYEDOT DEBU/VACUUM CLEANER


Vacuum cleaner atau penghisap debu adalah alat rumah tangga yang berguna untuk membersihkan rumah dari debu, dengan menggunakan alat ini maka debu langsung dapat dikumpulkan oleh sejenis kantong yang berada  pada alat ini sehingga kita tidak akan terkena debu, hal ini sangat berbeda bila kita membersihkan debu dengan menggunakan sapu, karena bila kita membersihkan menggunakan sapu maka debu yang dibersihkan akan terhisap oleh hidung kita yang mungkin saja tungau atau kutu-kutu yang beterbangan masuk ke saluran pernapasan.

Bagi anda yang baru memiliki atau hanya ingin sekedar ingin tahu bagaimana cara aman menggunakan penyedot debu atau vacuum cleaner silahkan simak artikel ini baik-baik karena penjelasan ini dirangkum dari beberap jenis dan merek vacuum cleaner, jadi diambil secara global/umum.
  1. Pastikan tegangan listrik vacuum cleaner sesuai dengan tegangan listrik di rumah anda.
  2. Janganlah meninggalkan vacuum cleaner anda dalam keadaan terpasang ke stopkontak.
  3. jangan digunakan di luar ruangan atau tempat yang basah.
  4. jauhkan dari jangkauan anak-anak.
  5. jangan gunakan vacuum cleaner bila: kabel steker rusak, pernah terjatuh, lama tertinggal di tempat terbuka dan jatuh ke dalam air.
  6. janganlah menggunakan kabel steker vacuum cleaner sebagai pegangannya, terjepit pintu, atau menarik kabel melewati sudut yang tajam.
  7. bila anda akan mematikan alat ini cabutlah stekernya jangan kabelnya.
  8.  hindari mengoperasikan alat ini bila tangan anda basah.
  9.  bersihkanlah bagian saringan dari benda-benda seperti:rambut, debu, dan serpihan kain yang akan menghambat aliran udara.
  10. jauhkan rambut,jari-jari dan bagian tubuh lain yang bergerak dari selang penyedot.
  11. jangan dipakai untuk mengisap sesuatu yang terbakar atau berasap.
  12. matikan tombol on/off sebelum mencabut steker.
  13. berhati hatilah saaat anda menggunakan alat ini di tangga.
  14. jangan digunakan untuk mengisap cairan yang mudah terbakar atau meledak seperti bensin, atau tempat-tempat yang terdapat cairan tersebut.
  15. pasanglah selalu saringan debunya setiap saat anda menggunakan alat ini
  16. matikan alat ini sebelum anda memasang atau mencabut selang penyedot.
  17. simpanlah vacuum cleaner anda di dalam rumah ditempat yang aman agar tidak dipakai mainan anak-anak dan terhindar dari bahaya tersandung.
Selengkapnya...CARA AMAN MENGGUNAKAN PENYEDOT DEBU/VACUUM CLEANER

22 November 2012

TIPS MEMBERSIHKAN JENDELA KACA

Ada berbagai macam cara untuk membersihkan jendela kaca di rumah kita diantaranya ada yang menggunakan cairan khusus pembersih kaca yang dapat dibeli di toko atau swalayan. Di sini saya akan memberitahukan cara membuat cairan pembersih kaca yang ramah lingkungan yang ada hampir di setiap rumah tangga, ada beberapa bahan yang dapat dijadikan pembersih kaca, diantaranya adalah:

1. Cuka, Cuka di sini adalah cuka dapur yang biasa dipakai untuk memasak atau dipakai mas-mas tukang bakso untuk menambah rasa asam pada kuah bakso, caranya adalah dengan membersihkan jendela kaca menggunakan spon yang sudah diberi cuka lalu setelah semua permukaan kaca basah oleh cuka dilap pakai kain kering sampai kaca terlihat bersih dan kering.

2. Selain cuka dapur ternyata baking soda juga cukup ampuh untuk membersihkan kaca dari kotoran yang menempel, caranya adalah dengan mencampurkan baking soda dengan sedikit air lalu gosokkan baking soda ke permukaan kaca, setelah itu bersihkan sisa baking soda dan kotoran dengan lap lembab dan lap kering sampai kaca terlihat bersih.

3. Cuka, 4lk0h0l 70%, dan  sabun pencuci piring, fungsi dari  4lk0h0l 70% adalah untuk menghilangkan jamur beserta sporanya, sedangkan sabun pencuci piring untuk membersihkan noda. cara membuat cairan ini adalah:
  • Siapkan botol semprot ukuran apa saja lalu Isilah dengan air bersih kira-kira 3/4 bagian botol
  • Kemudian masukkan 1/3 cangkir larutan cuka ke dalam botol tersebut
  • Masukkan 1/4 cangkir 4lk0h0l 70%, 
  • Masukan satu sendok makan sabun pencuci piring
  • Kocoklah botol semprot sampai semua larutan tercampur rata
  • Cairan pembersih kacapun telah siap digunakan
Cara menggunakan:
  • Semprotkan cairan ke seluruh permukaan kaca 
  • Kalu usapkan spon kasar merata ke seluruh permukaan kaca, 
  • Bersihkan kotoran tang terlepas dari kaca dengan lap kering bersih sampai seluruh permukaan kaca menjadi bersih.
  • Ulangi cara di atas untuk membersihkan permukaan kaca yang lainnya.
Selengkapnya...TIPS MEMBERSIHKAN JENDELA KACA

21 November 2012

TIPS MEMBERSIHKAN BAK PENCUCI PIRING

Hampir di setiap rumah tempat tinggal terdapat bak cuci piring baik yang terbuat dari keramik, tembok, atau stainles. namun kadang-kadang bak pencuci piring ini kotor oleh noda-noda bekas sabun yang sulit untuk dibersihkan apalagi untuk noda yang sudah menahun. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membersihkannya, yaitu dengan cara:

Cuka dapur
Bersihkanlah seluruh bagian yang kotor dengan menggunakan spon lembut atau kain yang telah dicelupkan ke dalam campuran satu liter air yang dicampur dengan satu cangkir cuka, gosokklah terus sampai semua noda bersih. setelah itu keringkan dengan menggunakan kain atau lap yang kering. Biasanya setelah melakukan pembersihan dengan cara ini ruangan akan berbau cuka, untuk mencegah bau cuka maka sebelum dipakai maka cairan dapat ditambahkan perasan jeruk mipis, selain membuat wangi juga dapat menghilangkan kotoran atau noda lemak yang menempel pada bak pencuci piring.

Baking soda
Baking soda sudah terkenal sejak lama yang bermanfaat untuk membersihkan berbagai noda di rumah termasuk membersihkan noda pada bak pencuci piring, caranya adalah dengan mencampur baking soda sengan sedikit air lalu digosokkan menggunakan spon pada permukaan bak pencuci piring lalu bilas dengan air. Untuk noda yang membandel oleskan baking soda yang telah dicampur sedikit air ke seluruh permukaan bak, lalu diamkan beberapa saat agar baking soda dapat meresap ke noda yang membandel, setelah itu barulah dilakukan penggosokkan dengan spon atau kain lembab.

Abu gosok dan Cairan pencuci piring.
Selain berfungsi untuk mencuci piring dan perabotan yang lain ternyata abu gosok dan cairan pencuci piring dapat. siapkan wadah yang telah diisi dengan air lalu masukkan abu gosok dan cairan pencuci piring, aduk ketiga bahan tersebut hingga rata, taburkan bahan tersebut ke permukaan bak pencuci piring lalu gosok menggunakan spon, setelah selesai digosok lalukan pembilasan sampai bak pencuci piring terlihat bersih.

Boraks
Untuk membersihkan saluran pembuangan bak pencuci piring dari sisa-sisa kotoran yang akan menyumbat maka bersihkanlah saluran tersebut dengan cara menyiramnya dengan cairan penghilang kotoran buatan kita sendiri, caranya adalah dengan mencampur air panas dan boraks, kemudian disiramkan ke saluran pembuangan dari bak pencuci piring , dengan begitu maka saluran pembuangan dari bak pencuci piring akan selalu bersih dari kotoran.
Selengkapnya...TIPS MEMBERSIHKAN BAK PENCUCI PIRING

PARTICLE BOARD VS KAYU/PAPAN

Kali ini Saya akan posting yang agak lain dari biasanya, yaitu membandingkan antara mebel yang terbuat dari kayu pres/particle board dengan mebel yang terbuat dari kayu/papan asli yang diambil dari potongan pohon. Artikel ini saya buat karena sudah beberapa kali saya mendapat pengalaman dari menggunakan kedua jenis bahan ini, mungkin pengalaman tersebut pernah dialami juga oleh para pembaca.

Tulisan Saya ini bukan untuk menjelek-jelekkan merek tertentu atau hasil karya orang lain tetapi hanya sekedar ulasan sederhana. Apapun merek atau berapapun harga barang mebel  ternyata memiliki kelemahan atau kelebihan masing-masing. Di bawah ini akan Saya paparkan beberapa kelebihan dan kekurangan dari kedua bahan tersebut. Mudah-mudahan artikel ini dapat membantu bagi anda yang masih bingung untuk memilih dan membeli mebel buat rumah.


Particle board

Partikel board adalah suatu bahan tiruan kayu yang dibuat dari serbuk bekas penggergajian kayu yang dipadatkan/dipress dan diberi perekat agar menjadi bentuk seperti kayu, umumnya seluruh permukaannya dilapisi dengan bahan sejenis kertas agar terlihat lebih indah.

Kelebihan:
  1. Memiliki bentuk yang bermacam-macam dan model yang indah-indah.
  2. Mudah dalam bongkar pasang, maksudnya adalah bila kita akan memindahkan mebel yang terbuat dari particle board maka tidak perlu diangkat semuanya tetapi kita dapat melepaskan setiap bagian dari lemari lalu dibawa ke tempat yang dituju lalu semua bagian yang tadi dilepas dapat dipasang kembali dengan menggunakan sekrup.
  3. Harga yang lebih murah dari mebel yang terbuat dari kayu
Kekurangan:
  1. Mudah rapuh, jenis particle board akan mudah hancur bila lembab atau terkena air, kayu pres yang terkena air atau lembab lama -lama akan melengkung lalu patah.
  2. Tidak tahan terhadap beban berat, mebel yang terbuat dari particle board sangat lemah karena tidak memiliki serat-serat kayu yang saling berhubungan tidak seperti kayu yang diambil langsung dari pohon yang memiliki keterikatan serat yang kuat.
  3. Mudah terserang jamur, kebanyakan mebel yang terbuat dari particle board dilapisi oleh sejenis kertas yang ditempelkan dengan lem, oleh karena itu sangat mudah didiami oleh jamur.
  4. Penggunaannya harus lebih hati-hati karena partikle board sangat mudah hancur bila terbentur, selain itu kita juga harus lebih hati-hati pada bagian pintu lemari karena bagian engselnya tidak kuat tertancap pada kayu pres, bila kita kurang hati-hati maka engsel tersebut akan terlepas dari particle board, seperti telah Saya terangkan di atas bahwa particle board kurang memiliki ikatan serat yang kuat sehingga skrup pada engsel mudah sekali terlepas, bila sudah demikian maka akan sulit labi untuk memasang sekrup.   

Kayu atau papan yang diambil langsung dari potongan kayu

Mebel yang Saya maksud adalah yang terbuat dari potongan atau bilah-bilah kayu atau papan yang diambil dari pohon langsung.

Kelebihan
  1. Kayu dilapis oleh cat, plitur, atau pernis sehingga mudah untuk diperbarui bila warna cat sudah kusam.
  2. Tahan terhadap beban berat dari benda yang diletakkan di atasnya.
  3. lebih tahan terhadap terpaan air dan kelembaban karena terdiri dari serat kayu yang terkait kuat secara alami.
  4. mudah dalam perawatan
Kekurangan
  1. Perlu tenaga dan ruang lebih bila akan dipindahkan karena pada umumnya setiap bagian dari jenis mebel ini disatukan dengan paku, sekrup, atau pasak kayu yang tertanam secara permanen, jadi bila akan dipindahkan memerlukan tenaga lebih untuk dapat pindah ke tempat lain.
  2. Pada umumnya memiliki bobot yang berat sehingga agak menyulitkan saat akan dipindahkan.
  3. Harga yang relatip lebih mahal bila dibandingkan mebel yang terbuat dari bahan particle board, hal ini wajar karena semakin hari bahan kayu akan sulit didapatkan karena semakin sempitnya lahan yang dipakai untuk menanam pohon.
Demikianlah ulasan Saya tentang perbandingan antara mebel yang terbuat dari kayu pres/particle board dan kayu. Anda pasti lebih paham tentang kedua bahan ini silahkan anda nilai sendiri.
Selengkapnya...PARTICLE BOARD VS KAYU/PAPAN

20 November 2012

MEMBUAT PEMBERSIH NODA ALAMI

Kadang-kadang tidak semua pembersih noda yang dijual di pasaran terbebas dari bahan kimia yang membahayakan terhadap kesehatan, selain itu bahan-bahan tersebut harganya mahal. Sebenarnya membuat pembersih noda untuk di rumah tidaklah terlalu sulit selama kita mau dan tau cara membuatnya, pada posting kali ini Saya akan berbagi tentang beberapa bahan alami yang dapat dibuat untuk pembersih noda di rumah, diantaranya yaitu:

1. Baking soda
Nama lain dari baking soda adalah: sodium bikarbonat atau soda bikarbonat, serbuk baking soda banyak digunakan sebagai bahan alami pembersih rumah karena selain harganya yang murah ternyata bahan ini juga dapat menghilangkan noda, menyerap bau tidak sedap, menjernihkan air, membuat perabotan rumah menjadi lebih berkilau, serta mampu menghilangkan bau badan dan sebagai tambahan untuk produk pasta gigi.

Penggunaan
  • Untuk menghilangkan noda di dapur, buatlah pasta dengan mencampurkan baking soda dengan air lalu oleskan pada noda, setelah itu bersihkan dengan kain lap yang kering. Untuk noda yang sulit dibersihkan oleskan baking soda pada bagian yang bernoda lalu diamkan beberapa saat lalu di bersihkan dengan lap.
  • Menghilangkan bau, Simpan baking soda pada wadah yang terbuka kemudian letakkan di ruangan yang bau, baking soda akan menyerap bau di area tersebut.
  • Membuat perabotan menjadi lebih berkilau, taburkan baking soda di atas bak pencuci piring  atau peralatan yang terbuat dari alumunium lainnya lalu bersihkan dengan lap lembab.

2. Cuka putih
Ternyata cuka putih yang biasa dipakai untuk memasak dapat juga digunakan untuk membersihkan noda. 

Penggunaan:
  • Membersihkan jendela, campurkan setengah cangkir cuka ke dalam satu liter air, kemudian bersihkan kaca menggunakan spon kasar yang telah dicelupkan ke dalam cairan tadi, lalu keringkan kaca menggunakan kain yang dapat menyerap air dengan baik, misalnya lap khusus motor atau mobil.
  • Menghilangkan noda pakaian, masukkan cuka ke dalam air bilasan terakhir, cuka ini berguna untuk membersihkan berbagai noda dan menghaluskan serat kain.
  • Membersihkan noda perabotan, larutkan satu cangkir cuka ke dalam satu liter air, untuk menghilangkan bau tidak sedap tetesi cairan diatas dengan minyak esensial.
  • Mencegah dan menghilangkan jamur, semprotkan atau olesi bagian rumah yang ditumbuhi jamur dengan cuka putih ini.
  • Membersihkan noda yang sulit dibersihkan,  campurkan baking soda dengan cuka lalu oleskan pada noda, untuk menghilangkan bau yang menyengat tambahkan minyak esensial ke dalam campuran tadi.

3. Boraks
Boraks mempunyai nama lain yaitu: natrium biborat, natrium piroborat, Pada umumnya boraks mengandung mineral garam yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan pembersih alami rumah, penghilang noda pada pakaian dan perabotan rumah tangga, penghalus pakaian, penjernih air, dan dapat digunakan pula sebagai bahan pembuat sabun.

Penggunaan:
  • Mengusir tungu atau kutu busuk, taburkan serbuk boraks pada karpet, sofa, atau kursi lalu bersihkan menggunakan penyedut debu.
  • Mengusir kecoa dan semut, campurkan boraks dengan gula lalu taburkan di daerah sekitar rumah yang banyak dihuni kecoa dan semut.
  • Membersihkan saluran air, siapkan air panas lalu campurkan dengan satu cangkir boraks  kemudian siramkan ke saluran air yang kotor.
  • Menyerap bau tak sedap, mirip seperti baking soda ternyata boraks juga dapat digunakan untuk menyerap bau yang tidak sedap di rumah seperti pada tempat sampah yang basah dan toilet.

4. Soda pencuci
Nama lain dari soda pencuci adalah Sodium carbonat, soda sal, dan soda lektrik. bahan kimia ini dapat digunakan untuk penjernih air dan membersihkan noda.

Penggunaan:
  • Penjernih air, campurkan soda pencuci dengan sedikit air lalu larutkan ke dalam tempat penampungan air.
  • Penghilang noda pada pakaian dan perabotan rumah, soda pencuci dapat digunakan untuk membersihkan noda yang membandel, minyak, atau bekas 4lk0h0l pada kain atau perabotan rumah. Namun jangan gunakan soda pencuci pada pakain yang berbahan wol dan sutera.

5. Minyak esensial
Minyak esensial adalah minyak yang diekstrak dari tumbuh-tumbuhan, setiap minyak esensial memilliki wangi yang berbeda-beda tergantung jenis tumbuhan yang diekstraknya, minyak jenis ini mempunyai sifat racun maka sebaiknya simpanlah di tempat yang tidak dapat dijangkau oleh anak-anak.

Penggunaan:
  • Memunculkan aroma wangi pada pakaian, tambahkan minyak eucalyptus pada bilasan terakhir cucian.
  • Penghilang noda pakaian,, gunakan sedikit minyak eucalyptus untuk menghilangkan noda pada pakaian.
  • Mengghilangkan noda lengket bekas lem atau stiker, dengan cara menggosokkan miyak eucalyptus pada bagian yang lengket.
  • Mengatasi rasa sakit pada bekas gigitan serangga, meredakan demam dan gejala flu. Oleskan minyak eucalyptus pada bagian yang sakit.
  • Untuk meredakan rasa sakit dan gatal, oleskan minyak zaitun pada bagian tubuh yang sakit.
  • Sebagai bahan antiseptik, campurkan minyak dari pohon teh lalu gunakan sebagai bahan anti septik pada luka.
  • Untuk menghilangkan noda akibat jamur, gunakan spon pembersih yang telah ditetesi dengan minyak dari pohon teh.
  • Oleskan minyak dari pohon teh untuk mengobati luka bekas gigitan serangga, jerawat, dan bekas luka bakar.
Selengkapnya...MEMBUAT PEMBERSIH NODA ALAMI

19 November 2012

TIPS MENGHILANGKAN BAU DI DALAM RUMAH

Bau di dalam rumah membuat ketidaknyamanan baik bagi penghuni ataupun siapa saja yang memasukinya,  sumber bau biasanya terdapat pada: pakaian kotor, asap kompor, keset dan kain lap yang lembab, seprei dan selimut yang jarang dicuci, bantal guling dan kasur yang jarang dijemur dll.

Hampir semua orang pernah mengalami ruangan di dalam rumahnya terc1um bau yang tidak sedap, baik itu bau yang sekejap atau  bau yang yang melekat di ruangan dan menetap cukup lama, tentu saja kondisi ini cukup menggangu baik untuk penghuni rumah atau tamu yang bertandang ke rumah kita, sebagian dari kiita menginginkan udara di dalam rumahnya terasa segar, cukup udara dan cahaya, malah kalau bisa selalu ada aroma yang menyejukkan.

Untuk menjaga agar udara di dalam rumah selalu dalam keadaan segar, wangi, dan tidak terc1um bau yang tidak sedap maka sebagai pemilik rumah kita harus rajin  merawat rumah yaitu dengan menghilangkan bau dari sumbernya atau dengan tidak menyimpan benda-benda yang dapat menimbulkan bau yang tidak sedap di dalam rumah kita.


Beberapa hal yang sering menjadi sumber bau di dalam rumah adalah:

1. Bau masakan atau bahan makanan, Apabila di dapur sedang ada kegiatan masak memasak dan kondisi dapur kurang ventilasi maka asap atau uap dari dapur akan menyebar ke seluruh ruangan, mungkin bau seperti ini akan hilang dengan sendirinya bila asap atau uap tersebut telah pergi ke luar rumah, tetapi akan menjadi bau yang abadi bila menempel pada kain gording, tirai jendela dan dinding. Bau yang menempel tersebut tidak akan susah hilang bila tidak dicuci dengan bersih. Untuk mengantisipasinya maka rajin-rajinlah mencuci kain tersebut secara berkala minimal satu bulan sekali, Untuk di areal dapur pasanglah alat penghisap sap dapur agar sisa pembakaran dari kompor dapat terbuang langsung ke luar rumah.

2. Pakaian kotor, Pakaian bekas pakai yang dibiarkan di tempat terbuka di dalam rumah akan memunculkan bau yang tidak sedap, maka hindarilah menggantung atau menyimpan pakaian abis pakai di rumah, simpanlah pakaian tersebut di dalam wadah tertutup agar baunya tidak tersebar ke mana-mana.

3. Peralatan tidur, perlengkapan tidur seperti bantal guling, kasur beserta sprei dan sarungnya akan menimbulkan bau apak yang sangat menggangu, maka rawatlah peralatan tersebut secara berkala agar tidak menimbulkan bau, untuk mengetahui lebih lanjut mengenai cara merawat peralatan tidur silahkan baca juga artikel saya yang berjudul "Tips merawat kamar/ruang tidur"

4. Sisa-sisa makanan, sisa makanan yang telah basi dan sisa makanan yang banyak tercecer di di lantai atau di dalam rumah adalah salah satu penyebab munculnya bau di dalam rumah, maka buanglah sisa-sisa makanan tersebut agar baunya tidak menyebar ke seluruh ruangan.

5. Jamur, ruangan yang lembab adalah salah satu tempat yang nyaman untuk tumbuh suburnya jamur pada dinding tembok rumah atau peralatan forniture atau mebel yang terbuat dari kayu atau particle board, untuk mencegah jamur hidup di dinding tembok gunakanlah cat tembok yang mengandung bahan anti jamur. sedangkan untuk mencegah dan menghilangkan jamur pada peralatan yang terbuat dari kayu atau particle board silahkan baca juga artikel Saya yang berjudul "tips menghilangkan jamur dan bau di lemari pakaian"

6. Lantai, Lantai yang kotor dan jarang dipel atau disapu akan mengeluarkan bau yang khas, oleh sebab itu bersihkanlah lantai dengan menyapu den mengepelnya setiap hari menggunakan air yang telah dicampur dengan cairan pembersih lantai yang mengandung bahan anti septik dan memiliki wangi yang harum.

7. Apabila anda sudah melakukan perawatan di rumah dengan baik tetapi bau masih ada juga maka untuk menghilangkan bau tersebut pasanglah pewangi ruangan, atau anda dapat mencoba membuat bahan penghilang bau di rumah sendiri yaitu dengan cara: meletakkan baking soda yang ditempatkan di wadah terbuka lalu diletakkan di ruangan yang bau, lalu biarkan baking soda bekerja beberapa waktu untuk menyerap bau di ruangan tersebut.
Selengkapnya...TIPS MENGHILANGKAN BAU DI DALAM RUMAH

18 November 2012

CARA PASANG/ DAFTAR LISTRIK PRABAYAR

Adanya listrik di rumah adalah sudah menjadi kebutuhan yang tidak bisa ditunda-tunda lagi karena hampir semua peralatan rumah tangga dijalankan oleh listrik, untuk itulah maka PLN selalu memperbarui tata cara atau peraturan pemasangan listrik, sebelumnya pemasangan instalasi listrik di rumah menggunakan KWH meter analog yang cara pembayarannya mengunakan sistim paska bayar yaitu setiap pelanggan akan membayar tagihan rekening listriknya setelah digunakan selama satu bulan. Ternyata cara demikian itu kurang efektif  karena memiliki beberapa kekurangan atau kelemahan, diantaranya adalah:
  • PLN harus menyiapkan petugas khusus untuk mencatat angka pemakaian KWH meter di setiap rumah pelanggan setiap bulannya.
  • PLN harus menyiapkan loket-loket pembayaran tagihan rekening listrik. 
Oleh sebab itulah maka saat ini PLN meneluarkan cara baru mengenai pemasangan listrik baru dengan meteran digital prabayar, dengan cara ini maka konsumen dapat membeli sendiri pulsa/token listrik, listrik akan menyala bila terdapat sejumlah pulsa yang telah dimasukkan ke meteran.


Beberapa kelebihan pemakaian listrik prabayar:
  • Tidak adanya pemeriksaan angka tagihan listrik oleh petugas pencatat meteran yang biasanya dilakukan pada listrik paska bayar.
  • Konsumen bebas membeli token listrik kapan saja dan di mana saja, pembelian token dapat dilakukan di kantor PLN atau kios pulsa dengan nominal terkecil 20 ribu.
  • Listrik tidak akan disegel meskipun kita tidak mengisi token listrik tapi resikonya selama token kosong maka listrik di rumah akan mati dan akan menyala kembali setelah diisi token listrik.

Cara memasukkan kode token listrik prabayar:
  1. Belilah nominal token listrik di kantor PLN atau kios-kios tempat penjualan pulsa lalu masukkan digit angka token ke KWH meter dengan menekan setiap tombol angka sesuai dengan nomer token yang sudah dibeli, bila sudah selesai tekan tanda enter yang berbentuk seperti anak panah yang belok ke bawah, bukan anak panah yang lurus karena anak panah yang lurus gunanya untuk menghapus satu angka bila terjadi kesalahan saat pengetikan angka saat pengetikan.
  2. Bila nomor token masuk maka akan muncul tulisan "Accept" pada display meteran dan disusul dengan mengalirnya listrik di rumah.

Cara pasang listrik baru di rumah
  1. Daftarlah ke kantor PLN terdekat  lalu di sana kita akan mengisi formulir pengajuan dengan disertai kelengkapan seperti: KTP suami dan istri beserta fotokopinya.
  2. fotokopi Surat pembayaran listrik terakhir dari rumah/tetangga terdekat, usahakan rumah tersebut adalah rumah yang akan kita mintai ijin untuk menyambung kabel klistrik ke rumah kita (kalau rumah kita jauh dari tiang listrik).
  3. Setelah proses permohonan selesai maka tinggal menunggu petugas survey yang akan datang ke rumah untuk mempelajari denah rumah kita untuk digambar pada berkas pengajuan untuk mengukur panjang kabel yang akan digunakan.
  4. Tahap pemasangan, Petugas yang ditunjuk oleh PLN (kontraktor) akan datang membawa peralatan listrik untuk dipasang di rumah kita. seperti: kabel twis, KWH meter digital prabayar, kabel NYM, fitting lampu, saklar, dan stopkontak.
Untuk penambahan instalasi listrik lainnya maka konsumen dapat memasangnya sendiri atau menyuruh petugas instalatir, pada pemasangan awal maka token listrik akan diberi sejumlah nominal pulsa token awal dan untuk selanjutnya konsumen listrik diwajibkan membeli sendiri.
Selengkapnya...CARA PASANG/ DAFTAR LISTRIK PRABAYAR

MEMBERSIHKAN dan MENGHILANGKAN NODA DI DAPUR

Dapur dalah salah satu tempat yang paling sering terkena noda, bagaimana tidak? hampir setiap waktu daerah tersebut diserbu dengan bahan pembuat noda yang beraneka ragam, diantaranya adalah berasal dari asap kompor, percikan minyak, dan noda dari sisa-sisa bahan makanan lain.

Semua noda tersebut haruslah kita bersihkan sesering mungkin, minimal setelah kita selesai mengerjakan pekerjaan di dapur langsung kita lakukan pembersihan noda-noda yang mengotori dapur kita, karena noda baru akan mudah untuk dibersihkan dibanding dengan noda yang telah berusia lama.

Tetapi anda jangan risau bila di dapur anda terdapat noda yang telah berusia lanjut dan sulit untuk dibersihkan, di bawah ini akan Saya jelaskan beberapa tips membersihkan dan menghilangkan noda di dapur, berikut penjelasannya:


Noda kompor

Jenis noda pada kompor biasaanya terdiri dari percikan minyak dan percikan sisa-sisa makanan dari kegiatan memasak, untuk membersihkannya adalah:
  • Untuk noda/kotoran yang tebal keriklah dulu dengan batang kayu atau plastik agar tidak menggores lapisan terluar kompor, lalu setelah itu bersihkan noda-noda minyak dengan kain lap yang kering lalu untuk tahap terakhir adalah membersihkan dengan menggunakan spon lembut yang telah dicelupkan ke dalam air yang telah dicampur cairan pencuci piring yang mengandung aroma jeruk atau lemon, setelah itu keringkan dengan lap kering dan lembut sampai tidak ada lagi sisa air atau kotoran yang melekat pada kompor, dengan demikian maka kompor anda akan terlihat bersih kembali seperti baru.
  • Cara lainnya adalah dengan menggunakan baking soda, caranya dengan mencampurkan baking soda dengan air sedikit saja lalu oleskan pada badan kompor yang bernoda lalu bersihkan memakai kain lap kering sampai noda benar-benar hilang. 
  • Untuk noda yang menahun dan susah untuk dibersihkan diamkan baking soda yang sudah dioleskan selama beberapa menit/agak lama agar benar-benar menyerap ke dalam noda tersebut  lalu dilap pakai kain kering sampai bersih. 

Noda pada bak pencuci piring
Berihkanlah noda pada bak pencuci piring dengan menggunakan cairan cuka, caranya adalah dengan meneteskan cuka pada seluruh bagian bak yang kotor lalu diamkan beberapa saat lalu bersihkan noda dengan spon sampai bersih,

Noda pada kaca
Semprotkan cairan khusus pembersih kaca, bila tidak ada maka dapat menggunakan air yang telah dicampur dengan sedikit sabun deterjen, lalu bersihkan noda pada kaca dengan spon kasar setelah itu bilas dengan air bersih lalu lap menggunakan kain yang dapat menyerap air dengan baik tetapi yang tidak meninggalkan serat kain yang umumnya terjadi pada setiap kain, anda dapat menggukanan kain lap khusus mobil atau motor. Hindari membersihkan kaca dengan menggunakan serpihan kertas koran karena bila anda kurang hati-hati dalam membersihkan noda maka kaca kita akan tetap kotor bukan menjadi bersih.
Selengkapnya...MEMBERSIHKAN dan MENGHILANGKAN NODA DI DAPUR

17 November 2012

TIPS SEDERHANA MERAWAT SETRIKA OTOMATIS

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan salah satu alat rumah tangga ini apalagi para ibu yang hampir setiap hari menggunakannya untuk merapikan pakaian. setrika adalah sebuah alat yang sederhana, mengapa saya katakan sederhana? karena dari bentuk , cara mengoperasikan, bahkan cara perawatannyapun tergolong sederhana, coba kita simak baik-baik setrika ini:

  • Dari dulu sampai sekarang bentuk setrika otomatis seperti itu-itu juga yaitu terdiri dari pegangan, telapak setrika untuk merapikan kain, tombol pengatur suhu bersikut lampu indikatornya.
  • Cara mengoperasikannyapun mudah sekali yaitu tinggal menghubungkan kabel listrik ke stopkontak lalu putar tombol pengatur suhu..... dan tinggal menunggu sebentar maka setrikapunsudah dapat digunakan.
  • Untuk persawatannyapun sangantlah mudah yaitu kita tinggal menjaga kabel dan telapak setrika agar selalu dalam keadaan baik.
Tapi meskipun setrika adalah alat yang sederhana dan mudah untuk dirawat tapi kita perlu tahu juga bagaimana persawatan yang benar, di bawah ini Saya ulas beberapa tips sederhana merawat setrika otomatis agar setrika kita selalu dalam keadaan siap pakai, awet dan tahan lebih lama.



  1. Bila anda akan membersihkan telapak setrika yang kotor maka cabutlah steker dari stopkontak  lalu tunggu sampai setrika menjadi dingin, setelah itu silahkan untuk membersihkan bagian telapak setrika yang kotor atalengket.
  2. Untuk membersihkan noda gosong yang aada pada bagian telapak setrika maka Bersihkan dengan menggunakan air teh dengan menggunakan spon lembut, jangan menggunakan kain kasar atau ampelas karena akan mengikis lapisan terluar dari telapak setrika.
  3. Sedangkan untuk membersihkan badan setrika yang terbuat dari plastik gunakanlah kain lembut dan lembab, karena bagian ini hanya terdapat noda-noda ringan atau debu-debu tipis.
  4. Apabila telapak setrika lengket karena terlalu panas dan menempel pada kain yang disetrika maka untuk membersihkannya cobalah dulu dengan membrsihkan badan setrika yang terbuat dari logam dengan kain lembab, apabila tidak bersih juga maka gunakan cairan husus pembersih setrika (yang banyak dijual dipasaran) yang tidak bersifat mengikis untuk menghilangkan noda-noda yang lengket pada telapak setrika, dengan begitu maka setrika anda akan licin kembali.
  5. Saat menyetrika pakaian hindari bagian bawah setrika (telapak setrika) bersentuhan dengan logam lain misalnya dengan kancing atau releting yang terbuat dari logam karena akan menggores atau mengikis lapisan anti lengket yang terdapat pada telapak setrika, apabila lapisan anti lenget sudah banyak yang tergores maka setrika anda tidak akan licin lagi saat digunakan.
  6. Dalam keadaan dingin ataupun panas simpanlah setrika di tempat yang jauh dari jangkauan anak-anak, dikhawatirkan bila setrika diletakkan di mana saja dan ditemukandengan anak-anak maka setrika tersebut menjadi bahan mainannya, dan kemungkinan besar setrika kita akan rusak.
  7. Untuk menjaga agar kabel & setrika lebih tahan lama maka simpanlah setrika dengan posisi berdiri yaitu ujung yang lancip menghadap ke atas dan kabel tergulung lestrik rapi pada tumit setrika.
Selengkapnya...TIPS SEDERHANA MERAWAT SETRIKA OTOMATIS

TIPS MEMAKAI SETRIKA BARU

Penggunaan setrika listrik memang sudah menjadi hal yang biasa dilakukan oleh kita untuk merapikan setiap pakaian agar terlihat indah saat dipakai, bagi yang sudah terbiasa dengan alat ini tentu saja tidak akan mengalami kesulitan untuk menggunakannya, tetapi bagi mereka yang baru pertama kali menyetrika atau mereka yang baru memiliki setrika tentu saja akan mengalami sedikit kebingungan apabila tidak ada yang memberitahua atau tidak membaca buku panduan sederhana yang biasanya terdapat pada paket pembelian setrika. Untuk itulah maka pada kesempatan kali ini Saya akan mencoba untuk berbagi bagi anda tentang "Tips Memakai Setrika Baru".

  1. Pertama-tama masukkan kabel penghubung listrik ke stopkontak, lalu perhatikanlah bila lampu suhu menyala menandakan bahwa listrik telah menhgalir ke setrika dan pada saat tersebut elemen setrika sedang memanas.
  2. Pada saat setrika sedang tidak digunakan untuk menggosok maka letakkan setrika dengan posisi berdiri yaitu ujung yang lancip menghadap ke atas. Dengan posisi seperti ini maka setrika akan diam kokoh dan setabil tertumpu pada bagian tumit setrika.
  3. Aturlah suhu setrika sesuai dengan jenis kain yang akan disetrika, bila kita tidak tahu jenis kain yang akan disetrika maka cobalah memulainya dengan suhu yang rendah dulu lalu naikkan suhunya sedikit-sedikit sampai kain terlihat rapi, untuk menghindari rusaknya kain akibat panas yang berlebih maka cobalah menyetrika untuk bagian dalam kain dulu.
  4. Lampu indikator susu akan mati-hidup selama pemakaian, ini menandakan bahwa komponen pengatur suhu otomatis sedang bekerja, bila suhu setrika akan melebihi batas yang telah ditentukan oleh tombol pemutar suhu maka dengan otomatis listrik yang mengalir ke elemen setrika akan diputus oleh termostat.
  5. Bila anda menurunkan suhu lebih rendah dari suhu awal maka tunggulah beberapa saat  sampai lampu suhu menyala lagi sebelum melanjutkan ke tahap menyetrika.
Selengkapnya...TIPS MEMAKAI SETRIKA BARU

TIPS AMAN MEMAKAI SETRIKA OTOMATIS

Para ibu rumah tangga sudah pasti tahu setrika dan cara menggunakannya, tetapi jarang yang tahu bagaimana cara menggunakannya secara aman, aman di sini adalah aman untuk pemakainya agar terhindar dari kecelakaan saat menyetrika.

Setrika adalah alat rumah tangga yang berguna untuk membantu kita dalam merapikan pakaian, penggunaan setrika sangat dekat sekali dengan tubuh pemakainya saat digunakan padahal setrika tersebut panas dan mengandun listrik, maka dari itulah kita perlu tahu bagaimana cara mengindari bahaya saat menggunakan setrika tersebut.

Di bawah ini Saya rangkum beberapa tips aman memakai setrika otomatis yang didapat dari pengalaman pribadi dan bergagai sumber, berikut penjelasannya:

1. Pastikan voltase di rumah = voltase setrika, dahulu sebelum adanya penyeragaman voltase di seluruh daerah di indonesia terdapat dua voltase yang digunakan yaitu 110volt dan 220volt dan kemungkinan besar satu daerah berbeda voltasenya dengan daerah lain oleh karena itu sangat dianjurkan untuk melihat berapa voltase yang tertera pada alat elektronik tersebut atau biasanya terdapat sakeler pemilih voltase pada setiap alat elektronik tersebut sehingga kita tinggal memilih sesuai dengan voltase yang berlaku di daerah kita. Tetapi untuk saat sekarang semua voltase di Indonesia telah menggunakan 220volt dan hampir semua alat elektronik yang beredar di Indonesia telah siap dengan voltase tersebut.

2. Pakailah alas kaki kering saat menyetrika, ini berguna apabila setrika kita nyetrum maka sendal tersebut akan mengurangi setrumyan mengalir ke tubuh kita.

2. Lengkapi stop kontak dengan arde/grounding, pemasangan ground pada stopkontak berguna untuk membuang arus liar yang berupa percikan api kecil pada stopkontak, dengan begitu dapat mencegah dari bahaya kebakaran.

3. Jangan menggunakan setrika yang pernah terjatuh, setiap alat elektronik yang pernah terjatuh atau terbanting rentan terhadap kerusakan komponen di dalamnya, selain rusak kemungkinan lainnya adalah terjadinya hubungan pendek atau konsleting  pada jalur perkabelan di dalam setrika yang mengakibatkan matinya listrik di rumah, dan yang lebih parah adalah setrum mengalir ke badan setrika yang terbuat dari logam yang dapat membahayakan kita sebagai penggunanya karena apabila kita menyentuh badan setrika maka tubuh kita akan tersengat setrum.

4. Pastikan kabel dan steker dalam keadaan baik, baik di sini adalah bahwa kabel terlihat wajar dengan tidak ada kawat tembaga yang keluar dari kabel dan kabel tidak dalam kondisi melilit, sedangkan steker dapat mengalirkan listrik ke setrika dan tidak goyang atau mudah terlepasa saat dihubungkan ke stopkontak.

5. Gantilah komponen yang rusak sesuai aslinya, apabila setrika rusak lalu diperbaiki maka gantilah komponen yang rusak tersebut yang sesuai dengan aslinya karena komponen yang asli dapat menjamin kualitas yang terbaik dari komponen tersebut yang imbasnya adalah keselamatan dan daya tahan setrika terjamin.

6. Gunakan meja setrika yang datar dan stabil, dengan meja yang datar dan stabil akan membuat nyaman saat kita meyetrika dan terbebas dari kecelakaan.

7. Hindari kabel menyentuh bagian setrika yang panas, saat menyetrika kadang-kadang kita kurang memperhatikan kalau kabel setrika menyentuh bagian setrika yang panas padahal keadaan seperti itu akan membuat kabel setrika mudah melilit dan meleleh walaupun dilindungi oleh sejenis anyaman kain atau benang sepanjan kabel, karena panas setrika tetap akan tembus ke bagian dalam kabel, maka lama-lama kabel akan terkelupas sehingga sangat rentan tersentuh kulit yang dapat mengakibatkan badan kita kena setrum.

8. Jangan meninggalkan setrika yang terpasang ke stopkontak, apapun bisa terjadi pada setrika yang ditinggalkan dalam keadaan terhubung ke listrik, misalnya tersentuh orang lain atau dipakai mainan anak kita, selain itu apabila terjadi konslet atau percikan api maka akan menjadi api besar yang akan mengakibatkan kebakaran.

9. Jauhkan dari jangkauan anak-anak, simpanlah setrika yang baru dipakai  pada tempat tempat yang kira-kira tidak terjangkau oleh anak-anak.

10. Jagalah kebersihan setrika sehabis anda memakainya walaupun hanya sebentar, bersihkanlah setrika dengan pembersih khusus yang banyak dijual dipasaran.
Selengkapnya...TIPS AMAN MEMAKAI SETRIKA OTOMATIS

16 November 2012

PERALATAN/PERKAKAS PEMELIHARAAN INSTALASI LISTRIK

Perkakas atau peralatan yang digunakan untuk instalasi listrik perlu dimiliki oleh seorang instalatir atau pemilik rumah yang selalu mengurus sendiri kelistrikan di rumahnya. Tanpa adanya perkakas yang standar maka kita akan kesulitan untuk mengerjakan instalasi listrik karena masing-masing perkakas tersebut memiliki kegunaan atau fungsi yang berbeda-beda. oleh karena itu sangatlah penting untuk memiliki perkakas tersebut apalagi sampai mengetahui kegunaan dan fungsinya. Berikut ini Saya kumpulkan beberapa peralatan standar yang biasa/umum dipakai untuk memasang atau memeliharan instalasi listrik
 mudah-mudahan berguna bagi anda yang sedang belajar atau hanya sekedar ingin menambah wawasan.

1. Obeng plus dan minus, alat ini digunakan untuk melepaskan skrup atau baud, penggunaannya disesuaikan dengan bentuk kepala sekrup, untuk kepala skrup yang berbentuk  "+" maka yang digunakan adalah obeng plus, tapi bila kepala sekrup berbentuk"-" maka yang digunakan adalah obeng minus. 
2. Tang kombinasi, alat ini dapat digunakan untuk berbagai  keperluan seperti:
  • membuat simpul pada sambungan kabel, yaitu dengan cara menjepit kedua ujung kabel lalu diputar satu arah,
  • memotong kabel/kawat, dengan menjepit kabel pada bagian yang tajam, maka kabelpun akan terputus
  • mengupas kabel, pada merek tertentu tang kombinasi ini dilengkapi dengan bagian untuk mengupas kabel tanpa memotong kawat yang berada di dalam pembungkus kabel.


  • 3. Tang monyong atau tang buaya, fungsinya mirip dengan tang kombinasi hanya saja dengan bentuknya yang meruncing dapat digunakan untuk membuat lingkaran/cincin pada ujung kabel untuk dipasang pada sekrup sehingga memudahkan dalam hal pemasangnnya pada titik terminal atau konektor kabel.

    4. Tespen, adalah alat untuk menguji ada tidaknya arus listrik atau setrum pada konduktor, dengan menggunakan alat ini kita dapat mengetahui kabel mana yang bermuatan positip, negatip atau ground.Selain itu alat ini dapat mendeteksi ada tidaknya arus listrik pada alat elektronik sehingga dapat mempermudah saat perbaikan.

    5. Palu, Ternyata alat ini bukan hanya digunakan oleh tukang bangunan saja tetapi tukang listrikpun memerlukannya, palu digunakan untuk memasang klem kabel atau memasang peralatan lain yang menggunakan paku untuk ditancapkan.

    6. Avo meter, adalah alat untuk mengukur arus listrik, tegangan, dan hambatan listrik, pada instalasi listrik digunakan untuk mengukur peralatan elektronik atau peralatan listrik dengan menyetel tombol pada arah panah yang sesuai. pada peralatan listrik biasanya digunakan untuk mengukur koneksi yang terputus.

    7. Tang potong (knife tang), sesuai dengan namanya alat ini digunakan untuk memotong kabel baik kabel tunggal ataupun kabel serabut. Bagi para instalatir listrik tang pemotong biasa digunakan bersama tang monyong,

    8.  Pisau potong (cutter), digunakan untuk mengupas pembungkus kabel tunggal seperti untuk mengupas kabel NYM, selain itu pisau ini berguna untuk mengerik kabel yang berjamur atau karat.

    9. Gerjaji besi, meskipun penggunaannya jarang tapi alat ini berguna untuk memotong pipa PVC yang akan ditanam di dinding tembok untuk jalur kabel. .
    Selengkapnya...PERALATAN/PERKAKAS PEMELIHARAAN INSTALASI LISTRIK

    CARA MEMASANG TEDUS DAN PIPA UNTUK SAKELAR DI TEMBOK

    Pemasangan kabel listrik yang ditanam di dalam dinding kadang-kadang memunculkan pertanyaan bagaimana cara memasangnya apakah pakai pipa atau langsung kabelnya dipasang lalu ditutup dengan adukan?, mungkin untuk sebagian orang yang kurang faham maka akan kebingungan dan ingin mencari tahu, untuk itulah saya membuat artikel ini agar anda yang ingin belajar cara memasang kabel saklar di tembok/dinding (in bow) tidak bingung lagi.

    Bagi anda yang sedang membangun rumah dan ingin memasang instalasi listrik untuk saklar yang memakai pipa di dalam dinding plesteran tembok atau anda yang ingin menambah saklar yang ditanam di dalam dinding rumah maka anda sudah tepat berada di sini, Saya akan menjelaskan secara mudah tahapan-tahapan cara memasang instalasinya. Untuk lebih jelasnya silahkan simak penjelasannya di bawah ini:

    Bahan-bahan yang diperlukan:
    • Pipa paralon PVC atau pipa besi dengan ukuiran paling kecil khusus untuk kabel listrik (bukan untuk saluran air.) minimal 2m.
    • Tedus satu lubang(khusus untuk ditanam di tembok)
    • Paku ukuran 4cm minimal 10buah
    • Saklar tembok (in bow) satu buah
    • Kabel tunggal NYM ukuran 2 X 1,5"  dengan panjang minimal 3m.
    • Isolasi khusus untuk kabel listrik satu buah.
    Peralatan:
    • Palu
    • Pahat untuk tembok
    • Obeng minus
    • Obeng plus
    • Tang kombinasi

    Tahap-tahap pemasangan untuk dinding yang belum diplester/belum diberi adukan tembok:
    1. Ukurlah ketinggian saklar dari lantai minimal 150cm (ukuran ini tidak mutlak, disesuaikan dengan tinggi badan penghuni rumah) dengan jarak dari kusen pintu maksimal 30cm lalu tandai.
    2. Pasanglah tedus menggunakan dua atau tiga buah paku di dinding yang telah ditandai, perlu diingat bahwa kebanyakan tedus terbuat dari bahan plastik yang tipis dan rapuh, jadi bila secara langsung ditancapkan paku maka tedus ini akan terbelah dan hancur sehingga tidak dapat dipakai lagi, untuk mencegah hal itu maka sebelum dipaku ke dinding alagkah baiknya dibuat lubang untuk pakunya dengan ukuran yang sama dengan paku yang digunakan, caranya adalah dengan melubangi tedus menggunakan paku panas.
    3. Siapkan pipa dengan panjang yang disesuaikan dengan jarak tedus ke dinding paling atas, atau sedikit di atas kayu plapon kemudian pasangkan di dinding, ujung pipa bagian bawah harus masuk ke lubang tedus sedangklan ujung pipa bagian atas berada sejajar dengan ujung dinding atau lebih sedikit.
    4. Agar pipa tidak berubah posisi maka pasanglah paku di sebelah kiri dan kanan pipa dengan jarak antar paku 50cm, selain dengan paku dapat juga digunakan klem khusus untuk pipa agar pipa terpasang kuat di dinding.
    5. Untuk mencegah adukan/plesteran masuk ke dalam tedus tutuplah tedus menggunakan isolasi/lakban besar atau bisa juga disumpal dengan  kertas atau plastik.
    6. Setelah tedus dan pipa terpasang di dinding maka untuk pemasangan kabel dan saklar harus menunggu dinding diplester dan dicat.
    7. Bila dinding sudah dicat maka tahapan selanjutnya adalah memasang kabel dan saklar, buatlah jalur instalasi dari kabel utama ke fitting lampu, masukkanlah dua buah kabel dari jalur utama dan dari fitting lampu ke dalam pipa dari arah atas sampai tembus ke tedus.
    8. Kupaslah kedua kabel sampai terlihat kawat tembaganya dengan panjang kira-kira 1cm kemudian sambungkan ke konektor saklar lalu kencangkan dengan obeng.
    9. Longgarkan baud pada saklar yang berfungsi mengunci saklar agar menempel pada tedus lalu masukkan bagian belakang saklar ke dalam tedus, setelah itu kencangkanlah dua buah baud yang terletak ada di bagian luar saklar memakai obeng plus dengan begitu maka plat yang berada di bagian dalam akan mengunci saklar agar tidak terlepas dari tedus.

    Tahap-tahap pemasangan untuk dinding yang sudah diplester/sudah diberi adukan tembok:
     
    Pemasangan untuk dinding yang sudah diplester sama dengan pemasangan pada dinding yang belum diplester hanya saja pada dinding yang sudah diplester kita harus membobok plesteran menggunakan pahat, caranya adalah:
    1. Ukurlah letak pemasangan tedus dengan jarak 150cm dari lantai dan 30cm dari kusen pintu, lau tandai dengan membuat lingkaran yangdiameternya 2cm lebih besar dari diameter tedus
    2. Tarik garis lurus dari lingkaran ke arah atas untuk tempat memasang pipa.
    3. Pahatlah tembok yang sudah ditandai dengan kedalaman yang disesuaikan dengan ketebalan tedus dan diameter pipa.
    4. Setelah plesteran terlepas maka tahap selanjutnya adalah pemasangan pipa dan tedus di tembok  seperti pada "tahap-tahap pemasangan untuk dinding yang belum diplester" kemudian tutuplah dengan adukan .
    5. Setelah tembok rapi sampai tahap pengecatan maka dapat dilanjutkan dengan pemasangan kabel dan saklar. 
    Demikianlah penjelasan Saya tentang pemasangan instalasi listrik pada tembok menggunakan pipa, mudah-mudahan ada manfaatnya untuk anda, 

    Selengkapnya...CARA MEMASANG TEDUS DAN PIPA UNTUK SAKELAR DI TEMBOK

    15 November 2012

    TIPS MERAWAT PAYUNG

    Payung adalah benda yang sangat berguna sekali di kehidupan kita sehari-hari karena dapat melindungi dari hujan dan panas, benda ini dapat digunakan oleh setiap kalangan baik itu tua, muda, anak-anak, orang tua.

    sebaiknya payung kita dapat digunakan kapan saja atau di mana saja, dalam arti lain sebuah payung harus selalu dalam keadaan siap pakai jadi saat kita memerlukannya maka keadaan payung tersebut harus dalam kondisi yang baik.

    Kondisi yang baik maksudnya adalah bahwa payung kita tidak rusak jadi setiap bagiannya dapat berfungsi dengan baik. Bagaimanakah agar payung kita dapat berfungsi dengan baik? tentu saja perawatan yang benarlah yang dapat menjamin payung kita tetap dalam kondisi yang prima, sebab dengan perawatan yang baik maka payung kita dapat awet, tahan lama, dan siap pakai.

    Untuk mewujudkannya silahkan dibaca baik-baik tentang tips merawat payung di bawah ini:
    • bila payung basah simpanlah dalam keadaan terbuka jangan melipatnya ketika basah karena akan mengakibatkan payung menjadi bau dan berkarat, inilah salah satu hal sepele yang sering dilakukan orang  yaitu melipat payungnya yang masih dalam keadaan basah, padahal dengan begitu dapat merusak payung kita sehingga tidak awet lagi.
    • janganlah memakai payung saat angin kencang atau berkendaraaan (motor dan sepeda) karena selain dapat membahayakan pemakainta tapi payung tersebut akan melipat ke atas lalu rangka besinya patah, sebenarnya sudah banyak dijual dan dipasarkan alat khusus untuk pengendara sepeda motor yang berguna untuk menahan air hujan saat berkendara yaitu jas hujan yang berbentuk pakaian yang terdiri dari dua bagian yaitu jaket dan celananya, dengan memakai jas hujan ini maka sebagian tubuh pengendara dapat terlindung dari hujan, selain itu jenis jas hujan ini tidaklah menggangu pengendara ataupun orang lain.
    • simpanlah payung ditempat aman agar tidak menjadi mainan anak-anak. Payung adalah alat yang digunakan untuk menahan hujan dan panas tubuh kita, jadi jangan sampai dipakai mainan, bila payung kita dipakai mainan oleh anak-anak ataupun balita maka selain payung tersebut akan mudah rusak adalah payung tersebut dapat menciderai tubuh anak-anak yang belum paham betul tentang bahaya.
    • Payung terbuat dari bahan yang mudah terbakar, jadi berhati-hatilah saat menggunakan atau menyimpan, jangan sampai terkena api sekecil apapun karena akan melubangi payung kita, bila payung sudah bocor maka air hujan dapat tembus melalui lubang bekas api tersebut.
    Selengkapnya...TIPS MERAWAT PAYUNG

    CARA MEMASANG INSTALASI LISTRIK DI DALAM DINDING TEMBOK

    Kali ini Saya akan berbagi ilmu tentang cara memasang kabel instalasi listrik yang dipasang di dalam dinding tembok, sebagai contoh yang dipasang adalah stopkontak. Mungkin ada diantara anda yang sedang membuat rumah baru dan ingin memasang instalasi listrik sendiri, atau anda yang baru membeli alat elektronik tetapi jumlah stopkontak yang ada tidak mencukupi sehingga diperlukan stopkontak tambahan yang terpasang di tembok.

    Pemasangan jalur instalasi listrik yang ditanam di dalam dinding tembok mempunyai beberapa keuntungan diantaranya adalah:
    • Ruangan terlihat rapi karena tidak ada kabel berseliweran yang dapat menganggu pemandangan dan keselamatan.
    • Lebih aman karena kabel terlindung di dalam pipa yang ditanam di tembok.
    • Kabel terhindar dari kerusakan baik oleh gigitan tikus atau tertarik sesuatu.

    Cara pemasangan instalasi:

    Siapkanlah beberapa peralatan yang dibutuhkan  seperti:
    • Obeng plus dan minus
    • Tang monyong kombinasi
    • Palu
    • Pahat
    Siapkan pula bahan-bahan yang dibutuhkan yaitu::
    • Paku 4cm
    • Isolasi satu gulung
    • Pipa paralon PVC atau pipa besi, carilah ukuran yang paling kecil, khusus untuk kabel listrik.
    • Tedus satu lubang satu buah.
    • Kabel NYM ukuran 2X1,5" dengan panjang disesuaikan dengan kebutuhan.
    Untuk rumah baru sebaiknya pemasangan instalasi listrik dikerjakan sebelum dinding diplester/diberi adukan untuk memudahkan pemasangan, karena bila pemasangan instalasi pipa listrik dikerjakan setelah dinding diplester maka untuk menginstal pipa kita harus membobok tembok agar lapisan plester terlepas. 

    Cara mengerjakan:


    1. Tentukan letak stopkontak yang akan dipasang di tembok yaitu dengan cara mengukur ketinggian stopkontak dari lantai sekitar minimal 30cm atau lebih disesuaikan dengan kebutuhan.

    2. Pasanglah tedus pada dinding yang telah ditentukan dengan cara dipaku langsung ke dinding.

    3. Pasanglah pipa pada dinding, masukkan ujung pipa bagian bawah ke lubang tedus sedangkan ujung pipa bagian atas sejajar dengan ujung dinding.

    4. Untuk memperkuat pipa pasanglah dengan klem khusus untuk pipa atau bisa juga dengan memasang paku di sisi kiri dan kanan pipa dengan jarak antar klem 50cm.Untuk mencegah plesteran masuk ke tedus tutuplah/sumpal tedus dengan plastik atau kertas yang diremas-remas. selanjutnya tinggal menunggu tembok dipasang plesteran dan dicat.

    5. Setelah dinding diplester maka tahapan berikutnya adalah pemasangan kabel dan stopkontak. Sambungkan kabel NYM ke jalur utama instalasi, kemudian masukkan ujung kabel yang satunya ke dalam lubang pipa dari arah atas lalu masuk ke dalam pipa sampai keluar dari tedus (jangan lupa untuk melepaskan penutup tedus)

    6. Siapkan stopkontak, longgarkan sekrup pada kedua konektornya, lalu longgarkan juga sekrup yang berfungsi menggerakan penjepit yang berada di belakang stopkontak.

    7. Pasang kabel pada kedua konektor  stopkontak lalu kencangkan sekrupnya. Masukkan bagian belakang stopkontak ke dalam tedus lalu kencangkan dua buah baud yang berada di bagian depan stopkontak agar penjepit stopkontak dapat merenggang dan menjepit dinding tedus.
    Selengkapnya...CARA MEMASANG INSTALASI LISTRIK DI DALAM DINDING TEMBOK

    14 November 2012

    UKURAN DIAMETER KABEL LISTRIK INSTALASI RUMAH

    gambar kabel NYM
    Apabila kita akan memasang instalasi listrik di rumah maka kita akan menyiapkan beberapa bahan untuk dipasang, diantaranya adalah kabel listrik, terdapat berbagai macam ukuran dan warna kabel listrik yang ada di pasaran dan mungkin diantara kita masih belum faham apa atri dari semua itu. untuk posting kali ini Saya akan sedikit berbagi mengenai keterangan yang tertulis di setiap kabel listrik yang digunakan oleh kebanyakan instalatir untuk listrik di rumah, rumus atau kode uyang sering kita jumpai adalah seperti tertera di bawah ini:
    • 1 X 1,5mm; 
    • 1 X 2,5mm; 
    • 2 X 1,5mm; 
    • 2 X 2,5mm; 
    • 3 X 2,5mm. 

     Arti dari rumus di atas adalah:
    • Angka sebelum kali menunjukkan jumlah kabel yang ada di dalam pembungkus kabelnya (isolator yang terbuat dari bahan PVC), jadi apabila angka tersebut menunjukkan angka "1" artinya di dalam pembungkus kabel tersebut berisi satu buah kawat, angka "1" biasanya terdapat pada jenis kabel NGA. Sedangkan untuk angka "2" dan "3" terdapat pada jenis kabel NYM, NYA, atau NYY.
    • Untuk angka di angka di belakang kali (X) adalah ukuran diameter kabelnya, misalnya "2,5mm" artinya di dalam pembungkus kabel tersebut terdapat kabel dengan diameter masing-masing kabel berukuran 2,5 mili meter.  
    • Jadi bila anda menemukan kabel yang bertuliskan 2 X 2,5mm artinya adalah: terdapat dua buah kabel tunggal masing-masing kabel tersebut mempunyai ukuran diameter 2,5 milimeter.
    Secara fisik Jika dibandingkan maka ukuran 2,5mm lebih besar dari 1,5mm. Kabel dengan ukuran diameter 2,5mm biasa dipakai untuk jalur utama instalasi listrik di rumah sedangkan kabel dengan ukuran diameter 1,5mm biasa dipakai pada jalur percabangan dari jalur utama ke fitting lampu dan sakelar.

    Khusus untuk stopkontak boleh menggunakan kabel yang berdiameter 1,5mm atau 2,5mm disesuaikan dengan kebutuhan, bila stop kontak tersebut dipakai untuk alat elektronik yang berdaya (watt) besar maka dianjurkan menggunakan kabel dengan ukuran diameter 2,5mm, tetapi bila dipakai untuk alat elektronik dengan daya (watt) kecil maka boleh menggunakan kabel dengan ukuran diameter 1,5mm. Tetapi bila ke depannya memungkinkan dipasang alat elektronik berdaya wat besar maka alangkah baiknya disiapkan dengan kabel yang berukuran 2,5mm.

    Demikianlah bahasan tentang ukuran diameter kabel listrik di rumah, semoga bermanfaat.
    Selengkapnya...UKURAN DIAMETER KABEL LISTRIK INSTALASI RUMAH

    JENIS dan FUNGSI KABEL LISTRIK DI RUMAH

    Sebelum kita memasang listrik di rumah sebaiknya mengetahui jenis dan fungsinya, Jenis Kabel yang umun dipakai pada instalasi listrik di rumah adalah: NYA, NYM, NYY.


    Kabel NYA,
    gambar kabel NYAAdalah jenis kabel tunggal yang dilapisi plastik PVC, kabel ini biasa digunakan  untuk pemakaian instalasi listrik dalam rumah (indoor), lapisan terluar kabel ini mudah terkelupas maka dari itu saat pemasangan  sebaiknya  dimasukkan ke dalam pipa besi/plastik agar terlindung dari kerusakan.

    Kabel NYM,
    Gambar kabel NYMAdalah jenis kabel tunggal yang terdiri dari dua atau tiga kabel NYA yang bagian terluarnya dibungkus dengan plastik PVC berwarna putih lentur tapi kuat dan dilanjutkan dengan lapisan kedua yaitu PVC yang berwarna  hitam dan masing-masing kabelnya terlindung dengan bahan isolator yang kuat. Jenis kabel ini cukup kuat karena dilapis oleh beberapa bahan isolator, pemasangannya cukup dengan paku klem yang ditancapkan ke kayu plapon dengan jarak antar klem 50cm, pemakaiannya untuk di bagian dalam rumah (indoor) biasanya dipasang pada jalur utama dan percabangan instalasi listrik.

    Kabel NYY,
    Gambar kabel NYYAdalah jenis kabel yang mirip dengan kabel NYM tapi lebih kuat, berwarna hitam dan isinya terdiri dari tiga buah kabel yaitu: hitam, biru, dan kuning. Karena kekuatannya ini maka biasa dipakai untuk instalasi listrik  di luar rumah seperti pada lampu taman atau lampu penerangan jalan


    Jenis kabel listrik yang dipakai selain di rumah 
    • Kabel NYAF, Kabel ini terdiri dari kabel serabut yang fleksibel, terbungkus oleh isolator berbahan PVC, digunakan untuk instalasi panel-panel yang memerlukan fleksibilitas yang tinggi.
    • Kabel NYFGBY, adalah salah satu jenis kabel yang sangat kuat, umumnya dipasang pada instalasi bawah tanah, di dalam ruangan, di dalam pipa-pipa dan permukaan tanah, karena kekuatannya maka kabel ini digunakan sebagai perlindungan dari gangguan secara langsung  atau untuk beban yang sangat tinggi selama disambung dan dijalankan.
    • Kabel ACSR, yaitu kawat penghantar yang terdiri alumunium beremail kawat baja dan digunakan pada saluran transmisi SUTET, dipasang pada tiang-tiang yang jaraknya saling berjauhan.
    • Kabel AAAC, Terbuat dari bahan campuran logam yang terdiri dari: alumunium, magnesium, dan silikon oleh karena itu jenis kabel ini mempunyai daya isolator/hantar listrik yang sangat baik, kuat, dan tahan karat.  
    • Kabel ACAR, adalah kawat penghantar dari jenis alumunium yang dicampur dengan logam lain sehingga lebih kuat.

    Tips memilih kabel listrik
    • Pilihlah kabel sesuai kebutuhan yanitu dari segi ukuran panjang dan ukuran diameter kabel.
    • Pilihlah kabel yang lapisan isolatornya( PVC) sangat kuat, minimal lapisan PVC tidak dapat dikupas menggunakan kuku jari dan diharapkan tahan oleh gigitan gigi tikus.
    • utamakan kabel yang bagian kawat dalamnya berwarna cerah mengkilat dan tidak kotor atau tertutup oleh jamur (ciri kabel berjamur adalah terdapatnya bintik-bintik hijau  dan biru pada kawat di dalamnya) karena kabel yang berjamur atau kotor akan sulit untuk terkoneksi baik dengan sesama kabel atau dengan konektor kabel.
    Selengkapnya...JENIS dan FUNGSI KABEL LISTRIK DI RUMAH

    13 November 2012

    CARA MEMASANG KABEL LISTRIK UNTUK LAMPU & SAKELAR


    Gambar Fitting lampu
    Gambar Fitting Lampu
    Peralatan:

     



    Gambar Saklar Tunggal
    Gambar Saklar Tunggal
    Bahan-bahan:
    • saklar tunggal untuk satu lampu, 
    • satu buah .fitting lampu,
    • Kabel NYM ukuran 2X1,5mm, secukupnya (disesuaikan dengan kebutuhan).
    • Isolasi khusus listrik, secukupnya(disesuaikan dengan kebutuhan).
    • Klem kabel no.10, secukupnya(disesuaikan dengan kebutuhan).




    rangkaian ionstalasi listrik satu saklar untuk satu lampu

    gambar instalasi listrik sakelar dan lampu
    gambar rangkaian  sakelar+lampu


    Cara menyambung:

    1. Untuk mencegah dari bahaya sengatan setrum listrik maka matikanlah listrik di rumah dengan merubah tuas MCB dari posisi on ke posisi off
    2. Lihatlah pada jalur utama instalasi kabel listrik di rumah, sambungkan kabel positif/api (biasanya berwarna hitam dan lampu tespen akan menyala pada kabel ini) ke salah satu konektor sakelar. 
    3. Kemudian konektor sakelar yang lain disambungkan ke salah satu konektor fitting lampu, 
    4. Sambunglah kabel negatip dari jalur utama(biasanya berwarna biru) langsung ke konektor fitting lampu yang lain. 
    5. Setelah selesai menyambung maka jangan lupa untuk membungkus setiap sambungan dengan isolasi khusus kabel lstrik.
    6. Pasanglah klem (billa kabel dipasang di atas kayu plapon) dengan jarak antar klem minimal 50CM.
    Selengkapnya...CARA MEMASANG KABEL LISTRIK UNTUK LAMPU & SAKELAR

    TIPS MERAWAT SIKAT GIGI

    Gigi adalah salah satu anggota tubuh kita yang penting keberadaannya seperti: gigi membantu kita dalam hal mengunyah makanan yang masuk ke keronggongan agar mudah dicerna oleh lambung dan usus, oleh karena itu untuk dapat berfungsi dengan baik maka perlu perawatan yang benar, salah satu perawatannya adalah dengan menggosokknya setiap setelah makan dan sebelum tidur. Agar sikat gigi kita selalu dalam keadaan higienis dan dapat berfungsi dengan benar maka harus dijaga agar selalu dalam keadaan siap pakai.

    Apabila kita kita kurang peduli pada sikat gigi maka akan memungkinkan giginkita tidak sehat lagi, berikut ini Saya rangkum beberapa tips merawat sikat gigi:
    • Setelah kita menggunakan sikat gigi maka segeralah bersihkanlah sikat gigi dari sisa -sisa pasta gigi dan makanan yang menempel, caranya adalah dengan mencucinya dengan air bersih lalu tiriskan, setelah kering tutup ujung sikat dengan penutup khusus sikat gigi untuk mencegah masuknya kecoa atau binatang kecil lainnya. 
    • Jangan biarkan sikat gigi dalam keadaan basah selama tidak dipakai karena sikat gigi yang basah adalah tempat berkembang biaknya jamur dan bakteri, oleh karena itu pastikan sikat gigi anda dikeringkan setelah dipakai dan terjaga dari cipratan air, kalau memungkinkan simpanlah sikat gigi di dalam wadah yang tertutup rapat.
    • Untuk menjaga agar tidak ada kuman atau bibit penyankit pada bulu sikat gigi maka seetiap anda akan memakainya rendamlah sikatnya dalam air panas untuk menghilangkan kuman yang menempel.
    • Pakailah selalu sikat gigi anda sendiri dan jangan meminjamkannya kepada orang lain, oleh karena itu janganlah saling meminjam sikat gigi ksrena kemungkinan akan tertularnya beberapa jenis penyakit dari orang lain(pakailah sikat gigi masing-masing). 
    • Gantilah sikat gigi yang bulunya mulai mekar dengan yang baru.
    • Pilihlah sikat gigi yang nyaman dipakai yaitu yang dapat menjangkau seluruh posisi gigi dan pilihlah yang berbulu halus yang tidak melukai gusi anda, selain itu pilih juga sikat gigi yang pegangannya lentur tapi kuat saat digenggam jadi tidak akan patah dan terlepas saat digunakan untuk menyikat gigi.
    Selengkapnya...TIPS MERAWAT SIKAT GIGI

    TIPS MENGHILANGKAN BAU DI SEPATU & KAOS KAKI

    Hampir semua orang pernah atau bahkan selalu merasakan kalau kaos kakinya bau setelah dipakai, entah itu baru dipakai seharian atau beberapa hari. banyak orang yang bertanta-tanya mengapa kaos kaki yang dipakainya bau? padahal saat memakainya dalam keadaan bersih dan wangi.


    Kaos kaki yang telah dipakai dapat menimbulkan bau yang tidak sedap karena disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya adalah:

    • Keringant yang dikeluarkan oleh kaki.
    • Peran bakteri yang hidup pada kaos kaki dan sepatu.
    • Pemakaian kaos kaki dan sepatu yang berlangsung lama dan berhari-hari tanpa melewati proses pencucian.
    • Proses pencucian yang kurang sempurna.
    • Sepatu atau kaos kaki yang masih basah dipaksakan untuk dipakai sehingga bakteri penyebab bau semakin betah dan berkembang di sepatu dan kaos kaki.
    • Kurang kering  dalam proses penjemuran setelah disuci.

    Dengan mengetahui penyebab dari timbulnya bau pada kaos kaki dan sepatu maka kita dapat menyimpulkan hal-hal apa saja yang perlu dilakukan untuk mencegahnya yaitu:

    1. Siapkanlah sepatu dan kaos kaki cadangan yang bersih dan kering sebagai pengganti apabila sepatu atau kaos kaki kita tiba-tiba basah atau sudah tercium bau yang tidak sedap.

    2. Lakukan penggantian sepatu minimal seminggu dua kali atau bila sudah terc1um bau pada sepatu atau kaos kaki yang kita pakai.

    3. Rawatlah sepatu dan kaos kaki  dengan mencucinya setiap seminggu dua kali atau lakukan bila sudah terlihat kotor atau terc1um bau yang tidak sedap. cara mencucinya adalah dengan cara:

    • Untuk cara mencuci sepatu silahkan baca artikel saya yang lainnya yang berjudul: "Tips merawat sepatu".
    • Cara mencuci kaos kaki sama dengan cara mencuci baju biasa, caranya adalah dengan merendam secara terpisah kaos kaki dari cucian yang lain di dalam air yang sudah dicampur dengan deterjen selama 30menit. 
    • Kemudian dikucek sampai semua noda dan kotoran terlepas,
    • Lalu dibilas dan direndam dalam air yang telah diberi pewangi pakaian dan dibilas lagi
    • jemurlah di bawah teriknya sinar matahari sampai kering.
    • Usahakan tidak menyikat kaos kaki karena akan menyebabkan kaos kaki menjadi berbulu dan seratnya menjadi rusak sehingga kaos kaki tidak dapat melar dan mengkerut dengan sempurna lagi.
    4. Janganlah memakai kaos kaki dan sepatu yang masih dalam keadaan basah 

    5. janganlah memakai sepatu dan kaos kaki seharian tanpa membukanya dari kaki, lepaskanlah sepatu dan kaos kaki beberapa saat untuk membuat kaki kita tidak terlalu lembab, dengan cara ini keringat yang keluar dari kaki dapat dikurangi.

    6. Cucilah kaki sebelum memakai kaos kaki memakai sabun yang mengandung bahan anti septik yang berguna untuk menghilangkan bibit penyakit yang menempel pada kaki. 

    7. Segeralah cuci kaos kaki atau sepatu yang bau agar bakterinya tidak menyebar ke barang yang lain.

    Apabila bau sudah melekat pada kaos kaki dan sepatu, tetapi anda belum dapat memakai sepatu yang lain maka bau tersebut dapat dihilangkan dengan cara menaburkan bubuk kopi hitam ke dalam sepatu yang bau, dengan demikian bau di sepatu akan hilang tergantikan dengan wangi kopi bubuk hitam yang ditaburkan tadi. Cara ini hanya dilakukan pada keadaan mendesak tetapi untuk kesempatan selanjutnya sepatu dan kaos kaki tersebut harus dicuci dengan benar seperti yang telah dijelaskan di atas, Resiko penggunaan cara ini  adalah sepatu dan kaos kaki akan berwarna hitam kopi. 

    Demikianlah artikel Saya yang membahas tentang "tips menghilangkan bau di sepatu dan kaos kakai" semoga bermanfaat bagi kita semua.
    Selengkapnya...TIPS MENGHILANGKAN BAU DI SEPATU & KAOS KAKI

    TIPS MERAWAT PENSIL

    Pensil adalah salah satu alat tulis yang sangat penting keradaannya untuk menyelesaikan pekerjaan kita, hampir seluruh kalangan memerlukan pensil untuk urusan pekerjaan mereka dari mulai kuli bangunan sampai dosen memerlukannya. oleh sebab itu maka ketangguhannya haruslah menjadi prioritaas utama, sebab bila kualitas pensil berkurang maka akan mengganggu proses pekerjaan kita.

    Terdapat beraneka ragam jenis dan bentuk yang dimiliki pensil ini sesuai kegunannya masing-masng. sebagai contoh adalah: pensil tulis, pensil warna, pensil halis, pensil pipih, dan lain-lain. satu jenis pensil saja terdapat bermacam-macam jenis misalnya untuk pensil tulis: HB, 2B, dan lain-lain.

    Agar pensil kita terjaga kualitasnya maka diperlukan suatu perawatan yang benar, hal-lal yang dapat mengurangi kualitas sebuah pensil salah satu contohnya adalah patahnya bagian yang berada di bagian tengah pensil. Untuk lebih jelasnya bagaimana cara merawat pensil silahkan untuk membaca uraiannya di bawah ini.

    Tips merawat pensil :
    • Untuk menjaga agar pensil selalu dalam keadaan siap dipakai  adalah dengan cara merautnya setiap selesai menggunakan, dengan demikian pada saat kita akan memakainya lagi untuk menulis di lain waktu maka ujung pensil sudah siap dengan runcingnya.
    • Pada saat meraut pensil usahakan memakai pisau raut atau peruncing yang tajam mata pisaunya agar hasil rautan menjadi lebih bagus, bila kita menggunakan pisau raut/peruncing dengan mata pisau yang tumpul maka kita akan kesulitan dalam meruncing pensil, bila dipaksakan maka ujung pensil yang berada di bagian tengah akan patah dan kayu pelindungnya tersebut akan berbulu sehingga pensil kurang terlihat indah.
    • Setelah selesai meraut pensil tutuplah ujung pensil dengan sesuatu yang berbentuk kerucut, misalnya menutupnya dengan menggunakan tutup ballpoint yang sudah tidak terpakai, hal ini berguna untuk melindungi ujung pensil yang berada di bagian tengah tetap runcing tidak patah karena terbentur benda keras.
    • Bila anda sering membawa pensil ke mana-mana maka simpanlah pensil di dalam wadah khusus pensil yang tertutup yang diberi bantalan di dalamnya agar saat wadah pensil tersebut goyang atau bergeser maka pensil tidak terbentur ke sesuatu yang keras yang dapat mambuat patah batang yang ada di bagian tengah pensil, bagian tersebut sangat mudah sekali patah sehingga perlu perlindungan yang berlebih untuk menjaga agar tidak mudah patah, patahan pensil yang ada di dalam pensil tidak akan langsung terlihat patah karena patahannya terletak di dalam pensi yang terlindung oleh lapisan kayu di luarnya.
    • Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa batang yang berada di bagian tengah pensil sangat mudah sekali patah di dalam tanpa terlihat langsung, oleh sebab itu jagalah dengan baik agar pensil kita tidak sering terjatuh ke permukaan yang keras.
    Demikianlah beberapa tips untuk merawat pensil, mudah-mudahan dapat bermanfaat bagi kita semua,. 
    Selengkapnya...TIPS MERAWAT PENSIL

    12 November 2012

    TIPS MENGELUARKAN SARINGAN DANDANG YANG AMBLAS

    Dandang adalah alat memasak nasi yang di dalamnya terdapat sekat saringan. kadang-kadang karena nasi terlalu berat hingga saringan amblas ke dalam dasar dandang. Untuk dandang yang berbahan alumuniun akan mudah mengeluarkannya tapi kalau dandang yang terbuat dari bahan stainles steel akan sulit kareka sifatnya yang kaku.

    Cara mengeluarkan:
    1. Ambillah sebatang kayu yang kuat kira-kira seukuran gagang kayu sapu ijuk dengan panjang yang melebihi diameter dandang kemudian letakkanlah di atas dandang yang terbuka(tutup dandang dilepas) 
    2. Siapkan seutas tali yang kuat dengan diameter kira-kira 1cm dan panjang maksimal 1m. Masukkan salah satu ujung tali ke lubang pengait yang menempel pada tengah-tengah saringan dandang.
    3. Tarik ke atas kedua ujung lali yang sudah terkait dengan kawat saringan sampai melewati kayu yang telah diletakkan di atas dandang.
    4. gabungkan kedua ujung tali yang telah melewati kayu lalu diikat dengan kuat sehingga kayu terhubung dengan kawat pengait saringan melalui media tali.
    5. Ambillah sebatang kayu seukuran gagang sapu ijukdengan panjang kurang dari diameter dandang kira-kira 20cm. kemudian masukkan secara horisontal ke sela-sela tali tepat di tengah-tengah antara kayu yang terletak di atas dandang dan kawat pengait yang menempel pada saringan dandang.
    6. letakkan dandang di lantai lalu jepitlah dengan kedua paha kaki (saaat melakukan ini posisi badan duduk selonjoran di lantai).
    7. Putarlah kayu yang masuk diantara sela-sela tali menggunakan dua tangan sampai tali melilit, teruslah memutar sampai saringan terangkat ke luar dandang.
    "Kayu untuk memutar tali dan kayu yang diletakkan di atas dandang dapat diganti dengan bahan lain asal ukuran dan kekuatannya sama"
    Selengkapnya...TIPS MENGELUARKAN SARINGAN DANDANG YANG AMBLAS

    11 November 2012

    ARTI & FUNGSI WARNA KABEL INSTALASI LISTRIK DI RUMAH

    Gambar Kabel Listrik
    Pengetahuan tentang warna kabel akan mempermudah klita dalam memasang peralatan listrik, selain itu dapat mencegah terjadinya konsleting.

    Terdapat berbagai macam warna kabel yang dibuat oleh setiap produsen kabel di seluruh dunia, tak terkecuali pewarnaan pada kabel yang digunakan untuk instalasi di rumah. Apapun jenis dan merek kabelnya maka warna kabelnya tetaplah sama yaitu merah, kuning, hitam, biru, dan kuning strip hijau.

    Dibuatnya beberapa warna kabel yang berbeda bertujuan untuk memudahkan dalam pemasangan dan perawatan sehingga tidak akan tertukar antara satu kabel dengan yang lainnya, karena pemasangannya sesuai dengan arti dan fungsi dari masing-masing kabel tersebut, untuk lebih jelasnya mengenai warna kabel tersebut silahkan baca penjelasannya di bawah ini:
    • Warna isolasi kabel: merah, kuning, hitam. Fungsi: dipakai untuk muatan listrik positiip/fasa/api. Ciri: kabel akan nyetrum bila tersentuh kulit dan bila diuji dengan tespen maka tespen itu akan menyala.Sumber: Muatan listrik positip bersumber dari kabel PLN yang terpasang di tiang listrik
    • Warna isolasi kabel: Biru, Fungsi: kabel ini khusus untuk muatan listrik negatip. Ciri: kabel tidak nyetrum bila disentuh kulit.Bila diuji dengan tespen maka tespen tidak akan menyala, Sumber: Muatan listrik negatip bersumber dari kabel PLN yang terpasang di tiang listrik
    • Warna isolasi kabel: Kuning strip hijau, Fungsi: kabel ini khusus dialiri oleh muatan listrik arde yang diambil dari tanah(grounding). sumber: grounding didapat dengan cara menanam pipa logam ke dalam tanah yang nantinya akan dipasang pada setiap terminal stopkontak. Pada umumnya jalur kabel grounding yang dipasang oleh petugas instalatir akan disatukan dengan kabel negatip yang bersumber daeri PLN. Untuk mendapatkan kualitas grounding yang baik maka kita harus membuat jalur grounding sendiri yang tersipah dari jalur instalasi yang dipasang oleh instalatir.
    Pada umumnya beberapa jenis kabel Seperti NYA, NYM, dan NYY memiliki tiga warna kabel yang berbeda di dalamnya, warna ketiga kabel itu adalah; biru, kuning, dan hitam, maka untuk pemasangan ketiga warna kabel tersebut adalah:
    • kabel warna biru: dipakai untuk muatan listrik negatip/netral
    • Kabel warna kuning: dipakai untuk grounding /pentanahan
    • Kabel warna hitam:dipakai untuk muatan listrikpositip/fasa/api. 

    Dengan pemasangan yang benar diharapkan tidak akan terjadi hubungan pendek yang dapat mengakibatkan kebakaran

    Selain warna kabel yang harus benar pemasangannya ternyata ukuran diameter kabelpun harus sesuai dengan SNI dan PUIL. Menurut PUIL besarnya kapasitas hantaran kabel dinamakan dengan kuat hantar arus atau yang disingkat dengan nama KHA. Bagi anda yang akan memasang kabel listrik di rumah sebaiknya memperhatikan juga ukuran diameter kabel yang akan dipasang dengan memperhatikan beberapa pedoman di bawah ini:
    • Pilihlah ukuran kabel; yang sesuai dengan daya listrik yang ada, arus listrik yang melebihi KHA dari kabel akan menyebabkan kabel tersebut menjadi panas, bila panasnya melebihi batas ketahanan isolasinya maka kabelpun akan terbakar yang beresiko menjadi penyebab kebakaran rumah. Untuk jalur kabel dari meteran ke MCB gunakanlah kabel dengan diameter 4mm, sedangkan untuk jalur utama instalasi listrik  dapat menggunakan kabel yang berukuran 2,5mm, sedangkan untuk percabangan ke saklar dan lampu  menggunakan kabel dengan diameter 1,5mm.
    • Perhatikan juga bila kemungkinan ada rencana penambahan daya ke depannya, maka sebaiknya memakai ukuran kabel yang lebih besar, agar saat penambahan daya tidak perlu lagi mengganti ukuran kabel kecuali kabel yang sudah rusak dan lapuk.
    Selengkapnya...ARTI & FUNGSI WARNA KABEL INSTALASI LISTRIK DI RUMAH