CARA MEMPERBAIKI AVO METER

penunjuk avo meter
AVO meter atau ada juga orang menyebutnyadengan nama Multi tester adalah salah satu peralatan yang wajib dimiliki oleh setiap orang yang berkecimpung di bidang elektronika atau kelistrikan, apalagi bagi mereka yang senang mengutak atik peralatan elektronik.

Ada kalanya Alat ini mengalami kerusakan yang mungkin diakibatkan oleh faktor usia alat ini, Komponen elektronika di dalam multi tester lambat laun akan berkurang kualitasnya sehingga mengganggu dalam aktifitas pengukuran yang pada akhirnya AVO meter ini menjadi tidak dapat digunakan sehingga kerja kitapun terhambat.

Pada perkembangannya Alat ini diproduksi berupa alat analog yang dapat mengukur Ampere, Volt, dan Ohm. media penunjuk besaran alat yang diukur ditunjukkan oleh gerakan jarum yang dapat berubah posisi ke kanan atau ke kiri. Teknologipun berkembang sehingga saat ini telah ditemukan alat ukur sejenis yang lebih akurat yang disebut AVO meter digital yang bentuk dan ukurannya lebih kecil dan tipis, media penunjuk besaran alat yang diukur menggunakan display yang berupa layar tampil.

Pada postingan kali ini saya akan mencoba berbagi tetntang perbaikan Avo meter analog, mungkin untuk perbaikan AVO meter yang digital akan dibahas pada postingan berikutnya.

Keluhan yang umum yang dimiliki oleh alat ukur elektronik yang bernama Multi tester/AVO meter adalah "jarum penunjuk tidak bisa bergerak" atau "bisa bergerak tapi tidak maksimal".

Penyebabnya:
  • Batre yang sudah habis
  • stelan Putaran potensio yang kurang pas
  • potensio yang sudah rusak
  • belum dikalibrasinya jarum penunjuk
  • komponen AVO meter yang sudah tidak berfungsi
  • Solderan di dalam AVO meter ada yang terlepas.
jarum penunjuk avo meter
Perbaikan:
  1. Periksa kabel pengukur apakah masih berfungsi atau sudah putus.
  2. Cabutlah kabel pengukur, nyalakan AVO meter lalu atur posisi jarum agar berada di posisi garis skala paling kiri dengan memutar skrup (biasanya terbuat dari plstik) yang berada tepat di atas pangkal jarum penunjuk.
  3. Pasang kedua kabel pengukur ke AVO meter lalu atur sakelar pemilih ke posisi RX1 Kilo ohm, satukan kedua ujung kabel pengukur,seharusnya jarum penunjuk langsung bergerak ke arah kanan dan diam pada garis skala nol, bila jarum tidak sampai ke garis skala nol putarlah tombol potensio(biasanya berada di sisi kanan dekat lubang tempat masuknya kabel pengukur) ke arah kanan sampai jarum penunjuk tepat berada pada posisi garis skala nol. tapi bila jarum melebihi garis skala nol putarlah potensio ke arah kiri sampai jarum penunjuk tepat berada pada posisi garis skala nol.
  4. Bila dengan poin 3 jarum penunjuk tetap tidak bergerak cobalah ganti baterai yang ada di dalam AVO meter dengan yang baru.
  5. Bila dengan mengganti baterai jarum tetap tidak berfungsi mungkin komponen di dalam AVO meter ada yang rusak, lepaskanlah sekrup yang ada di belakang badan AVO meter lihatlah komponen di dalamnya mungkin ada solderan yang terlepas atau ada komponen yang sudah rusak dan perlu diganti.

10 comments for "CARA MEMPERBAIKI AVO METER "

  1. Avo meter saya heles UX 37 TR (digital)
    Tidak bisa ukur arus ( probe mA sama sekali tidak berfungsi. Probe ampere nya kalau buat ukur arus angkanya ngitung terus (ngacau) GA.bisa ngukur arus sesuai perhitungan. Saya cek sekring masih normal blm
    PutuS. Fungsi laen (volt,ohm dioda)normal
    kira kira apanya yang rusak ya mas.
    Tolong di bantu. Trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk avo meter digital sudah terintegrasi dengan chip, jadi bila ada kerusakan maka chipnya yang harus diganti. berbeda dengan avo meter analog yang sistmnya terpisah-pisah jadi bila ada kerusakan lebih mudah dilakukan penggantian komponen.

      Delete
    2. Ganti resistor yg dihubungkan paralel yang terhubung melalui kabel kecil ke probe ampere.
      90R9

      Delete
  2. bagai mana cara memperbaiki dcv dan acv multitester yang rusak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba dilihat pada konektor yang ada pada bagian bawah switch selector apakah plat pemindahnya dapat menempel dengan baik pada jalur PCB bila selector dipindahkan pada posisi DCV ataub ACV? bila keadaannya masih baik maka periksa beberapa tahanan yang tersambung dengan jalur DCV atau ACV mungkin ada yang sudah rusak dan perlu diganti.

      Delete
  3. AVO meter analog saya jarumnya ga mau nunjuk ke angka 0 yang di kiri. Saya juga udah coba puter, tapi malah ga jalan. Perbaikinya gimana ya?

    ReplyDelete
  4. sudah dicoba memutar skru/baut minusnya (contoh gambar sudah saya update di atas), kalo tetep gk bisa, buka saja, mungkin bagian sekrup tersebut rusak.

    ReplyDelete
  5. saya cari lcd avometer DT890B ada yg jual gk ya mas

    ReplyDelete
  6. maaf tanya .avo saya x1 ngaco kira kira rusak apanya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba cek tahanan/resistor yang di bagian x1 di dalam avo.

      Delete

Silahkan berkomentar dengan kata-kata yang sopan, dilarang menyertakan link aktif. maaf, komentar tidak akan langsung dibalas karena Saya tidak selalu online. terimakasih atas kunjungannya.