06 November 2012

TIPS MEMBERSIHKAN/MENCUCI KARPET SENDIRI DI RUMAH

Karpet adalah alas lantai yang sangat berguna sekali dalam membuat nyaman penghuninya, karena kaki atau bagaian badan kita tidak langsung bersentuhan dengan lantai tetapi tertumpu pada lapisan karpet yang lembut dan bersih, tetapi apabila karpet kurang perawatan maka bukanlah kenyamanan yang didapat tetapi ketidaknyamanan, karena apabila karpet kurang mendapat perawatan maka karpet menjadi kotor, berdebu dan banyaknya hewan kecil seperti tungau yang hidup di dalam sela-sela ayaman karpet kita, oleh sebab itu salah satu perawatannya adalah dengan mencuci karpen secara berkala minimal satu bulan sekali.

Bagi sebagian orang mencuci karpet adalah suatu pekerjaan yang melelahkan dan menyita banyak waktu, banyak dari mereka lebih memilih mencuci karpet oleh binatu/loundry, padahal kalau kita mampunyai keinginan dan meluangkan sedikit saja waktu maka pekerjaan memcuci atau membersihkan karpetpunn dapat terlaksana asalkan kita melakukannya dengan senang hati dan ikhlas maka selain akan mendapatkan kepuasan tersendiri juga sedikitnya mengurangi biaya daripada memberikannya ke binatu atau loundry. Untuk lebih jelasnya mengenai cara mencuci karpet silahkan simak penjelasannya di bawah ini.


Peralatan:
  • airbersih,
  • masker,
  • sikat,
  • ember berisi air yang dicampur sabun cuci anti kuman,
  • ciduk/gayung,
  • sapu lidi. 
  • penyedot debu/Vacuum cleaner (bila ada)
  • stim air untuk mencuci motor/mobil(bila ada)

Cara mencuci
  1. Letakkan karpet di lantai, jangan sampai ada bagian yang melipat atau menggulung agar seluruh bagian karpet dapat dibersihkan dengan sempurna, lalu gunakan vacuum cleaner untuk membersihkan debunya. apabila anda tidak memiliki vacuum cleaner maka dapat digunakan sapulidi, tapi dengan menggunakan sapulidi maka banyak debu yang beterbangan maka dari itu tutuplah hidung dengan masker atau kain agar debu tidak masuk ke paru-paru, cara membersihkan debu karpet dengan sapulidi adalah dengan menaruh karpet di pagar/kayu melintang(jangan ada bagian yang melipat)  lalu pkul-pukllah dengan sapu lidi sampai semua debunya hilang.
  2. Setelah tidak ada lagi debu yang menempel pada karpet maka tahapan selanjutnya adalah membasahi karpet, Taruh karpet di lantai tembok siramlah (semprot pake air dari selang atau bila ada pakai stim penyemprot air yang biasa digunakan untuk mencuci motor/mobil) karpet dengan air bersih lalu siram dengan air sabun,
  3. Mulailah menyikat menggunakan sikat lembut secara perlahan dan tekanan kecil pada kedua permukaan karpet dengan gerakan sikat yang satu arah sambil mengarahkan butiran sabun dan air ke arah pinggiran karpet, untuk menghilangkan bau pada karpet maka siramlah karpet dengan air yang telah diberi pewangi dan pelembut pakaian.
  4. Taruh kembali karpet di pagar/kayu melintang tadi lalu siram-siramlah pake air bersih sampai tidak ada bagian yang berbuih. lalu jemurlah karpet saat matahari terik selama 1-2 hari sampai kering benar. 

Artikel terkait:

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan kata-kata yang sopan, dilarang menyertakan link aktif. maaf, komentar tidak akan langsung dibalas karena Saya tidak selalu online. terimakasih atas kunjungannya.


 

Blog Statistic