18 November 2012

CARA PASANG/ DAFTAR LISTRIK PRABAYAR

Adanya listrik di rumah adalah sudah menjadi kebutuhan yang tidak bisa ditunda-tunda lagi karena hampir semua peralatan rumah tangga dijalankan oleh listrik, untuk itulah maka PLN selalu memperbarui tata cara atau peraturan pemasangan listrik, sebelumnya pemasangan instalasi listrik di rumah menggunakan KWH meter analog yang cara pembayarannya mengunakan sistim paska bayar yaitu setiap pelanggan akan membayar tagihan rekening listriknya setelah digunakan selama satu bulan. Ternyata cara demikian itu kurang efektif  karena memiliki beberapa kekurangan atau kelemahan, diantaranya adalah:
  • PLN harus menyiapkan petugas khusus untuk mencatat angka pemakaian KWH meter di setiap rumah pelanggan setiap bulannya.
  • PLN harus menyiapkan loket-loket pembayaran tagihan rekening listrik. 
Oleh sebab itulah maka saat ini PLN meneluarkan cara baru mengenai pemasangan listrik baru dengan meteran digital prabayar, dengan cara ini maka konsumen dapat membeli sendiri pulsa/token listrik, listrik akan menyala bila terdapat sejumlah pulsa yang telah dimasukkan ke meteran.


Beberapa kelebihan pemakaian listrik prabayar:
  • Tidak adanya pemeriksaan angka tagihan listrik oleh petugas pencatat meteran yang biasanya dilakukan pada listrik paska bayar.
  • Konsumen bebas membeli token listrik kapan saja dan di mana saja, pembelian token dapat dilakukan di kantor PLN atau kios pulsa dengan nominal terkecil 20 ribu.
  • Listrik tidak akan disegel meskipun kita tidak mengisi token listrik tapi resikonya selama token kosong maka listrik di rumah akan mati dan akan menyala kembali setelah diisi token listrik.

Cara memasukkan kode token listrik prabayar:
  1. Belilah nominal token listrik di kantor PLN atau kios-kios tempat penjualan pulsa lalu masukkan digit angka token ke KWH meter dengan menekan setiap tombol angka sesuai dengan nomer token yang sudah dibeli, bila sudah selesai tekan tanda enter yang berbentuk seperti anak panah yang belok ke bawah, bukan anak panah yang lurus karena anak panah yang lurus gunanya untuk menghapus satu angka bila terjadi kesalahan saat pengetikan angka saat pengetikan.
  2. Bila nomor token masuk maka akan muncul tulisan "Accept" pada display meteran dan disusul dengan mengalirnya listrik di rumah.

Cara pasang listrik baru di rumah
  1. Daftarlah ke kantor PLN terdekat  lalu di sana kita akan mengisi formulir pengajuan dengan disertai kelengkapan seperti: KTP suami dan istri beserta fotokopinya.
  2. fotokopi Surat pembayaran listrik terakhir dari rumah/tetangga terdekat, usahakan rumah tersebut adalah rumah yang akan kita mintai ijin untuk menyambung kabel klistrik ke rumah kita (kalau rumah kita jauh dari tiang listrik).
  3. Setelah proses permohonan selesai maka tinggal menunggu petugas survey yang akan datang ke rumah untuk mempelajari denah rumah kita untuk digambar pada berkas pengajuan untuk mengukur panjang kabel yang akan digunakan.
  4. Tahap pemasangan, Petugas yang ditunjuk oleh PLN (kontraktor) akan datang membawa peralatan listrik untuk dipasang di rumah kita. seperti: kabel twis, KWH meter digital prabayar, kabel NYM, fitting lampu, saklar, dan stopkontak.
Untuk penambahan instalasi listrik lainnya maka konsumen dapat memasangnya sendiri atau menyuruh petugas instalatir, pada pemasangan awal maka token listrik akan diberi sejumlah nominal pulsa token awal dan untuk selanjutnya konsumen listrik diwajibkan membeli sendiri.

Artikel terkait:

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan kata-kata yang sopan, dilarang menyertakan link aktif. maaf, komentar tidak akan langsung dibalas karena Saya tidak selalu online. terimakasih atas kunjungannya.