24 November 2012

CARA AMAN MENGGUNAKAN PENYEDOT DEBU/VACUUM CLEANER


Vacuum cleaner atau penghisap debu adalah alat rumah tangga yang berguna untuk membersihkan rumah dari debu, dengan menggunakan alat ini maka debu langsung dapat dikumpulkan oleh sejenis kantong yang berada  pada alat ini sehingga kita tidak akan terkena debu, hal ini sangat berbeda bila kita membersihkan debu dengan menggunakan sapu, karena bila kita membersihkan menggunakan sapu maka debu yang dibersihkan akan terhisap oleh hidung kita yang mungkin saja tungau atau kutu-kutu yang beterbangan masuk ke saluran pernapasan.

Bagi anda yang baru memiliki atau hanya ingin sekedar ingin tahu bagaimana cara aman menggunakan penyedot debu atau vacuum cleaner silahkan simak artikel ini baik-baik karena penjelasan ini dirangkum dari beberap jenis dan merek vacuum cleaner, jadi diambil secara global/umum.
  1. Pastikan tegangan listrik vacuum cleaner sesuai dengan tegangan listrik di rumah anda.
  2. Janganlah meninggalkan vacuum cleaner anda dalam keadaan terpasang ke stopkontak.
  3. jangan digunakan di luar ruangan atau tempat yang basah.
  4. jauhkan dari jangkauan anak-anak.
  5. jangan gunakan vacuum cleaner bila: kabel steker rusak, pernah terjatuh, lama tertinggal di tempat terbuka dan jatuh ke dalam air.
  6. janganlah menggunakan kabel steker vacuum cleaner sebagai pegangannya, terjepit pintu, atau menarik kabel melewati sudut yang tajam.
  7. bila anda akan mematikan alat ini cabutlah stekernya jangan kabelnya.
  8.  hindari mengoperasikan alat ini bila tangan anda basah.
  9.  bersihkanlah bagian saringan dari benda-benda seperti:rambut, debu, dan serpihan kain yang akan menghambat aliran udara.
  10. jauhkan rambut,jari-jari dan bagian tubuh lain yang bergerak dari selang penyedot.
  11. jangan dipakai untuk mengisap sesuatu yang terbakar atau berasap.
  12. matikan tombol on/off sebelum mencabut steker.
  13. berhati hatilah saaat anda menggunakan alat ini di tangga.
  14. jangan digunakan untuk mengisap cairan yang mudah terbakar atau meledak seperti bensin, atau tempat-tempat yang terdapat cairan tersebut.
  15. pasanglah selalu saringan debunya setiap saat anda menggunakan alat ini
  16. matikan alat ini sebelum anda memasang atau mencabut selang penyedot.
  17. simpanlah vacuum cleaner anda di dalam rumah ditempat yang aman agar tidak dipakai mainan anak-anak dan terhindar dari bahaya tersandung.

Artikel terkait:

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan kata-kata yang sopan, dilarang menyertakan link aktif. maaf, komentar tidak akan langsung dibalas karena Saya tidak selalu online. terimakasih atas kunjungannya.