31 October 2012

CARA MEREKATKAN KACA DENGAN LEM SILIKON


Berbagai barang yang indah dan unik dapat dibuat dengan benda yang satu ini, salah satu bentuk kaca yang paling populer dan banyak digunakan di setiap rumah adalah jenis kaca datar. dengan beberapa tekhnik dan inovasi maka dibuat beberapa bentuk kaca dengan kegunaan yang berbeda-beda, salah satu produk buatan tangan yang berbahan dasar kaca datar adalah aquarium, dengan memiliki aquarium maka seseorang dapat menikmati keindahan alam air mini dari dalam rumah.

Dengan banyaknya penggemar ikan hias di dalam aquarium maka semakin banyak pula orang yang membuat aquarium untuk dijual. Tapi tahukah anda bahwa membuat aquarium itu tidaklah sulit selama kita memiliki imajinasi, kesabaran, dan tekad bulat yang sungguh-sungguh untuk memulainya.

Tahap awal dalam membuat aquarium adalah membentuk kotak kaca ,caranya adalah:

Peralatan:
  • Alat pemotong kaca, alat ini banyak dijual di toko-toko bahan bangunan atau toko besi dengan harga yang cukup murah.
  • Spidol kecil berwarna gelap seperti hitam, biru atau merah, digunakan untuk menandai kaca yang akan dipotong
  • Batu gerinda(tanpa mesin), digunakan untuk menghaluskan tepian kaca agar tidak merobek kulit kita.
  • Air dalam wadah plastik, membantu kaca yang sedang dihaluskan agar serpihan kaca tidak menyebar.
  • Penggaris. membantu dalam tahap membuat tanda garis untuk memotong kaca. 
Bahan-bahan:
  • Kaca datar, yang ukurannya disesuaikan dengan kebutuhan.
  • lem khusus yang terbuat dari bahan silikon.

Tahapan pengerjaan:
  1. Pengukuran kaca, Ukurlah panjang dan lebar kaca yang akan dipotong sesuai dengan kebutuhan , sebuah aquarium memiliki lima sisi kaca yang digabung menjadi kesatuan yang utuh. Letakkan kaca di atas meja yang permukaan bagian atasnya rata kemudian tandailah garis yang akan dipotong menggunakan spidol dan penggaris.
  2. Pemotongan, setelah kaca ditandai potonglah kaca menggunakan alat pemotong kaca mengikuti garis spidol yang telah dibuat sebelumnya.
  3. Penghalusan, haluskan bagian tepi kaca yang tajam menggunakan gerinda yang dilepaskan dari mesinnya. Untuk mencegah agar serpihan kaca tidak menyebar ke mana-mana sering-seringlah membasahi batu gerinda dengan air saat proses penghalusan dengan begitu maka serpihan kaca yang basah tidak akan tersebar ke mana-mana.
  4. Penempatan kelima sisi kaca yang sudah dipotong, untuk menjaga agar posisi kaca tidak berubah maka tempelkan isolasi lakban berukuran besar(usahakan yang berwarna coklat untuk membedakan warna lakban dengan warna kaca)
  5. Pengeleman, Bila kaca sudah pada tempatnya masing-masing, maka tempelkanlah lem silikon pada setiap pertemuan kaca dengan kaca yang letaknya di dinding aquarium bagian dalam. Saat pengeleman diusahakan serapih mungkin dan serekat mungkin agar tidak ada celah diantara kaca.
  6. diamkanlah kaca yang telah diberi lem selama 24jam agar silikon benar-benar kering dan merekat kuat.
  7. Pengujian, Bila lem sudah kering cobalah memasukkan air ke aquarium, yang bagus adalah biala tidak ada rembesan air yang keluar dari sambungan antar kaca, tetapi bila ada rembesan tamballah segera menggunakan lem silikon.

Artikel terkait:

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan kata-kata yang sopan, dilarang menyertakan link aktif. maaf, komentar tidak akan langsung dibalas karena Saya tidak selalu online. terimakasih atas kunjungannya.